Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wawako Zohirin Sayuti Hadiri Temu Pusaka Indonesia 2022 di Siak Riau

Minggu, 21 Agustus 2022 | 20:09 WIB Last Updated 2022-08-22T01:13:31Z

Wawako Zohirin Sayuti bersama Menteri Salahuddin Uno di Siak.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, SE., hadiri Temu Pusaka Indonesia 2022 Siak, yang dibuka Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno di Lapangan Istana Siak, Kabupaten Siak, Riau, pada Sabtu (20/8/2022) sore..


Sandiaga Uni mengemukakan, Kesultanan Siak memiliki peran besar dalam memberikan pembangunan perekonomian di Indonesia.


“Ini dapat diketahui bahwa Indonesia patut berterima kasih kepada Kesultanan Siak. Karena, Sultan Syarif Kasim II, mempunyai peran yang luar biasa penting dalam menyumbang pembangunan perekonomian kita,” kata Sandiaga. 


Selain itu, sebutnya, juga menyampaikan bahwa kegiatan Temu Pusaka Siak 2022 menjadi langkah awal pemerintah, terutama Kemenparekraf RI untuk menjalin kerjasama wisata berbasis budaya. Potensi yang ada, sambung dia, menjadi modal dan semangat serta peluang, sekaligus tantangan penerapan ekonomi pusaka di Kota Pusaka di Indonesia.


Sementara itu, Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, yang turut hadir dalam acara ini menyampaikan, tema pariwisata berbasis pusaka bersejarah sangat cocok diterapkan di Kota Sawahlunto.


"Penemuan batubara pertama di patahan sugar di tahun 1868 menjadi cikal bakal berdirinya Sawahlunto hingga saat ini, telah diakui dunia sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia UNESCO. Kita harus dapat mengoptimalkan hal ini untuk kemajuan sektor pariwisata kita ke depannya," ungkap Zohirin.


Ia juga menyampaikan pariwisata  berbasis pusaka sejarah dikemas dengan penuh kearifan lokal. Sehingga, bermanfaat bagi seluruh pelaku usaha yang ada nantinya, dengan target tidak saja wisatwan lokal namun wisatawan mancanegara. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update