Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Semarak Pawai Alegoris di Kabupaten Solok Suguhkan Wisata Budaya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 20:33 WIB Last Updated 2022-08-21T03:45:58Z

Semarak pawai alegoris meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Solok.
 

Kabupaten Solok, Rakyatterkini.com - Semarak peringatan HUT RI ke-77 terus membooming di bumi penghasil markisah Kabupaten Solok. Hari ini, Sabtu 20 Agustus 2022, Pemkab Solok kembali menggelar Pawai Alegoris di Jalan Lintas Solok - Padang, sekitar Komplek Kantor Bupati Solok dan finish di Taman Hutan Wisata Kota Aro Suka.


Pawai ini diikuti pelajar mulai dari TK, SD, SMP hingga SLTA, dinas instansi di lingkup pemerintahan serta nagari-nagari se-Kabupaten Solok.


Turut hadir menyaksikan pagelaran pawai tersebut, Bupati, H. Epyardi Asda, Ketua TP-PKK, Ny. Emiko Epyardi Asda, anggota DPRD, Sekdakab, Medison, Forkopimda, staf ahli bupati, dan asisten, kepala OPD beserta camat.


Menariknya, peserta pawai tampak mengenakan pakaian yang beragam dan memiliki keunikan masing-masing. Mulai dari pakaian adat daerah, pakaian militer serta beragam jenis pakaian yang ditampilkan oleh peserta, dimana  menunjukkan keheterogenan budaya Indonesia, sekaligus menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat.


Meski, diguyur hujan lebat, namun tidak menyurutkan semangat peserta pawai dan masyarakat yang penuh antusias untuk menyaksikan pawai alegoris yang diselenggarakan setiap tahunnya itu, guna memperingati HUT Kemerdekaan RI.


“Ramainya masyarakat yang berdatangan dari penjuru kabupaten dan kota, membuat pihak kepolisian dari Lantas  Polres Solok  dan Dinas Perhubungan Kabupaten Solok, melakukan rekayasa lalu lintas, dimana adanya penutupan  jalan utama menuju pusat komplek kantor bupati, lantaran jalur tersebut digunakan untuk pusat kegiatan  pawai," Tasri salah seorang warga yang menyaksikan anaknya jadi peserta pawai.


Dalam pawai itu terlihat iring-iringan mobil hias dari OPD yang ada di lingkup Pemkab, mobil-mobil tersebut dihiasi sedemikian rupa dengan atribut khas yang melambangkan Tupoksi masing-masing OPD.


Selepas pawai, Bupati Solok memberikan bantuan dari pemerintah berupa beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Selain itu, juga hadiah untuk bayi dan balita yang lahir pada tanggal 17 Agustus, dimana bantuan yang diberikan berupa tabungan melalui Bank Nagari sejumlah Rp2 juta. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update