Notification

×

Iklan

Minimalisir Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api, Gubernur: Optimalkan Jalan Inspeksi

Minggu, 21 Agustus 2022 | 06:00 WIB Last Updated 2022-08-21T03:32:53Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, saat FGD perkeretapian.

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meminta agar jalur inspeksi, atau jalan dan lahan yang ada di sisi sepanjang rel kereta api, supaya dioptimalkan pemanfaatannya guna mengurangi tingkat kecelakaan di perlintasan kereta api.


"Transportasi yang paling aman saat ini adalah kereta api. Paling cepat, dan murah. Yang perlu sekarang adalah pengamanan jalur kereta api, sebab rute yang dilalui perumahan masyarakat sangat padat. Karena itu konsep "Berteman" ini sangat bagus sekali," ujar Gubernur Mahyeldi, saat jadi keynote speech dalam Focus Group Discusion (FGD) Keselamatan Bidang Perkeretaapian dengan tema "Tingkatkan Keselamatan di Perlintasan Sebidang Dengan BERTEMAN (berhenti, tengok kanan, kiri, aman, jalan), di ZHM Premiere, Padang, Sabtu (20/8/2022)


Kegiatan FGD yang digelar oleh Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Barat, Dirjen Perkeretaapian, Kemenhub RI, ini merupakan salah satu upaya PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan pemangku kepentingan lain demi meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang di Sumbar.


Menurut gubernur, sosialisasi 'BERTEMAN' harus diiringi dengan advokasi terutama kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang jalur kereta api.


"Lalu, optimalkan jalan inpeksi yang ada disepanjang jalur kereta api. Fungsikan jalur ini, sehingga perlintasan sebidang bisa diperkecil," lanjut gubernur.


Gubernur juga mengapresiasi rencana reaktivasi jalur kereta api ke Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman dan jalur ke Pauh Limo. Gubernur berharap jalur ke Padang, Panjang dan Bukittinggi karena akan sangat membantu sekali mengurangi kemacetan.


Sepakat dengan gubernur, PLT. Dirjen Perkeretaapian, Zulmafendi menyampaikan pihaknya saat ini sedang membangun jalan inpeksi dan akan menutup 245 perlintasan sebidang dari 388 yang ada saat ini. Termasuk juga membangun sistem peringatan dini.


"Ini tanggugjawab kita bersama, pemda, pemerintah pusat dan masyarakat. Hal ini tentu menuntut kolaborasi dan kerjasama, sebab angka kecelakaan di perlintasan sebidang di Sumbar termasuk tinggi," ujar Zulfamendi. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update