Notification

×

Iklan

Rangkaian HUT RI ke-77, Pemkab Solsel Adakan Pemeriksaan Kesehatan

Kamis, 11 Agustus 2022 | 23:34 WIB Last Updated 2022-08-11T16:46:04Z

Bupati Khairunas sedang cek kesehatan.
 

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, mengadakan pemeriksaan kesehatan dan tes deteksi kanker leher rahim (Pap Smear) bagi aparatur sipil negara (ASN), yang ada di lingkungan pemerintah itu. Ini dilakukan bersamaan dengan momen peringatan HUT RI ke-77 tahun 2022.


Bupati Solok Selatan, H. Khairunas mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk deteksi dini terhadap penyakit yang ada di tengah masyarakat, terutama bagi ibu-ibu yakni penyakit kanker leher rahim (serviks).


"Yang jelas kegiatan kesehatan ini dalam rangka 17 Agustus dan juga kesehatan ASN. Untuk mendeteksi secara dini penyakit yang ada di tengah masyarakat, terutama ibu-ibu kita, dalam hal ini kanker serviks," tutur Khairunas di Padang Aro, Kamis (11/8/2022).


Bupati mengatakan, pemerintah daerah secara proaktif melakukan pemeriksaan kesehatan dengan kolaborasi antara Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan, dan Laboratorium Klinik Prodia.


Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr. Pendewal mengatakan kegiatan ini telah dilakukan sejak awal bulan ini, khususnya lewat Puskesmas yang ada di tiap-tiap kecamatan.


Pendewal menjelaskan terdapat tiga jenis penyakit yang menjadi perhatian, yakni kanker serviks, diabetes melitus, dan hipertensi. Bahkan, bagi ASN yang terdeteksi memiliki hipertensi dan diabetes melitus diberikan pelayanan lanjutan melalui Lab Prodia yang ikut hadir dalam kesempatan ini.


"Deteksi dini kanker serviks ini dilakukan mengingat ini merupakan salah satu dari dua kanker yang paling umum ada di masyarakat. Namun, sayangnya hingga saat ini, masih belum ada data mengenai penyakit itu untuk Solok Selatan," jelasnya.


Sehingga, kegiatan ini juga merupakan bagian dari edukasi dan literasi bagi masyarakat,  untuk aktif melakukan deteksi dini. Ke depan, tak banyak yang menderita penyakit ini, lantaran sudah bisa dideteksi sejak awal dan dicegah.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok Selatan, Desi Oktarina menambahkan, program pengelolaan penyakit kronis sudah ada di Puskesmas. Namun, membutuhkan dukungan dari laboratorium yang lebih advance untuk mendeteksi penyakit lebih lanjut. Untuk itu, BPJS Kesehatan menggandeng Laboratorium Klinik Prodia untuk melakukan pemeriksaan ini.


"Hasil dari screening kesehatan ini kita akan mendapatkan mapping daerah seberapa tingkat resiko ringan, sedang, dan berat hipertensi maupun diabetes ini. Nanti kita akan lanjut ke tahap berikutnya berdasarkan risikonya, yakni screening sekunder," terangnya.


Kegiatan yang diikuti oleh ASN di lingkungan pemerintah daerah itu dilaksanakan di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati Solok Selatan, Padang Aro.


Tercatat sebanyak 117 orang ikut pemeriksaan hipertensi dan diabetes melitus. 65 diantaranya melakukan pemeriksaan di Lab Prodia. Kemudian terdapat delapan orang yang memenuhi syarat untuk melakukan papsmear.


Di tempat yang sama juga dilakukan kegiatan donor darah yang diikuti oleh 15 orang, namun hanya tujuh orang yang memenuhi syarat.


Kegiatan ini juga dihadiri Bupati H. Khairunas, Wakil Bupati H. Yulian Efi, dan Sekretaris Daerah, Dr. Syamsurizaldi serta kepala OPD. Kemudian juga turut dihadiri Ketua TP-PKK Solok Selatan, Ny. Hj. Erniati Khairunas bersama Ketua GOW, Ny. Hj. Bet Yulian Efi dan Ketua DWP Ny. Fitri Syamsurizaldi. (Alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update