Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mantap! Pencinta Alam Bersama Pemkab Solok Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Talang

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:13 WIB Last Updated 2022-08-12T02:13:26Z

Persiapan lokasi upacara HUT RI ke-77 di Puncak Gunung Talang, Solok.


Solok, Rakyatterkini.com - Pengiat alam yang tergabung dalam komunitas pencinta alam bakal bergabung dengan Pemkab Solok  mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Talang dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-77. 


Itu disampaikan aktivis pencita alam Kab Solok, Wardesco Pono Batuah, Kamis 11 Agustus 2022.


Wardesco Pono Batuah yang akrab dipanggil danton itu ditunjuk sebagai koordinator lapangan (korlap) mengatakan, panitia sudah menyiapkan skenario bagi para pendaki. Ini dilakukan demi kelancaran acara serta keamanan para peserta dan pendaki.


Dikatakan, panitia telah menyiapkan empat jalur, namun saat ini baru tiga yang sudah dapat dilalui yaitu jalur Bukik Bulek, Kampauang Aia Batumbuak, dan Seroja Aia Batumbuak, dengan rincian di Aia Batumbuak ada dua jalur.


Ia menjelaskan, acara ini akan manarik perhatian masyarakat, terutama para pendaki yang tergabung dalam komunitas pecinta alam di Sumatera, khususnya Kabupaten Solok.


Pihaknya telah menyiapkan beberapa skenario dan telah melakukan simulasi, diantaranya pembagian waktu mendaki dan pengelompokkan lokasi.


Setiap peserta yang masuk di arena kamp 54 ada simulasi pembagian kamp. Ada tiga kelompok, jika pendaki masuk dari pintu cadas pada jam 11 siang sampai jam 2 di kamp pertama. 


Jam 1 sampai 4 sore itu di kamp kedua di sisi kiri jalur masuk. Kalau mereka datang dari jam 4 sampai jam 9 malam itu di kamp tiga di belakang arena upacara.


Simulasi dilakukan untuk mengatasi adanya kepadatan di jalur dan juga dapat membantu para pendaki jika butuh pertolongan bisa kita koordinasikan dengan cepat.


Dimbau untuk mempersiapkan kondisi fisik, dan perlengkapan, seperti kondisi dalam keadaan sehat, mempunyai perlengkapan pribadi seperti senter, pisau, makanan, minuman, jas hujan, tenda, dan kebutuhan pendakian lainnya.


Wardesco berpesan terkait kondisi puncak Gunung Talang cuaca sulit diprediksi, untuk itu ia mengimbau para peserta  untuk selalu menjaga kebersihan terutama di jalur pendakian. Dan mereka yang turun ke bawah wajib membawa sampahnya kembali turun.


Kabupaten Solok, akan melaksanakan upacara bendera hari kemerdekaan RI ke-77 di puncak Gunung Talang dengan  ketinggian 2.597 meter di atas permukaan laut (mdpl).


Bupati Solok, Epyardi Asda mengatakan, untuk perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia nanti akan digelar di puncak Gunung Talang yang nantinya di ikuti oleh aparatur pemerintah, penggiat pecinta alam serta mayarakat yang turut memeriahkan pengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Talang.


Selain pengibaran Bendera Merah Putih dengan inspektur upacara Bupati Solok Epyardi Asda juga nantinya penyerahan beasiswa kepada siswa berprestasi di Kabupaten Solok. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update