Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Produk UMKM Tanah Datar Perlu Pendampingan BBPOM Padang

Kamis, 25 Agustus 2022 | 13:10 WIB Last Updated 2022-08-25T06:18:45Z

Wabup Richi Aprian.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Obat, makanan dan kosmetik yang aman adalah salah satu hal penting yang harus diwujudkan bagi masyarakat. Karena itu, persyaratan utama yang harus dipenuhi suatu produk dari segi keamanan, mutu dan juga manfaatnya. 


Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai obat, obat tradisional, makanan dan kosmetik yang aman serta terhindar dari bahan-bahan berbahaya yang beresiko bagi kesehatan. 


Demikian disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, SH. MH., dalam sambutannya saat membuka kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi informasi dan edukasi bersama tokoh masyarakat yang dilaksanakan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Rabu (24/8/2022) di Aula SMAN Batipuh. 


Dikatakan Richi Aprian, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan BBPOM, untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait dengan bahaya yang ditimbulkan akibat menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan, makanan, dan kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya. 


"Penyuluhan ini sangat berguna bagi masyarakat, karena perkembangan berita akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan. Dimulai dari adanya peredaran obat ilegal, penggunaan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, jamu yang mengandung bahan kimia obat, dan banyak lagi kasus yang membuat kita harus lebih waspada," ujar Richi. 


Belum lagi tambahnya, di era globalisasi saat ini dimana produk luar negeri banyak dipasaran, sehingga masyarakat bebas memilih bahan makanan dan obat yang akan dikonsumsi. Ditambah lagi, kecenderungan masyarakat untuk membeli, menyimpan dan menggunakan obat tanpa indikasi. 


"Saat ini, banyak masyarakat yang tergiur dengan iklan dan tanpa pikir panjang sudah langsung membeli saja, tanpa mempelajari manfaat dan efek samping yang ditimbulkan. Dari itu, perlu pengetahuan bagi masyarakat terkait dengan pengawasan obat, makanan dan kosmetik. Selain itu, masyarakat juga harus tahu jenis produk mana yang aman digunakan dan yang tidak," tutur Wabup Richi. 


Dikatakan, Kabupaten Tanah Datar yang merupakan daerah agraris serta memiliki banyak potensi wisata yang selalu berkaitan erat dengan handycraf dan kuliner, tentu perlu pengawasan yang ekstra, sehingga kejadian-kejadian serupa tidak terjadi. 


"Ini tentu erat kaitannya dengan produk UMKM kita yang memang perlu pendampingan khusus dari BBPOM, terutama menyangkut dengan produksi makanan yang butuh izin dan pengetahuan tentang penggunaan bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi," terangnya lagi. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update