Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Peran Bundo Kanduang Efektif Mencegah Peredaran Narkoba

Rabu, 03 Agustus 2022 | 16:57 WIB Last Updated 2022-08-03T09:57:34Z

 Kepala BNNK Solok, AKBP Saifuddin Anshori, memberi arahan dalam pelatihan fungsi dan peran bundo kanduang dalam nagari.


Solok, Rakyatterkini.com - Perempuan sebagai ibu bangsa juga menjadi aset bangsa, dalam menyiapkan generasi penerus yang berkualitas dan bebas dari narkoba.


Di masyarakat adat Minangkabau, kaum perempuan dikenal dengan sebutan bundo kanduang, dianggap memegang peranan penting dalam pemberantasan narkoba hingga bersih. 


Demikian disampaikan Kepala BNNK Solok, AKBP Saifuddin Anshori, saat memberi arahan dalam pelatihan fungsi dan peran bundo kanduang dalam nagari.


Kegiatan  diselenggarakan oleh Bundo Kanduang Nagari Sungai Jambur, Rabu 3 Agustus 2022.


Saifuddin mengatakan, bundo kanduang bisa menjadi agen pemberantasan narkoba di tengah keluarga dan kaum maupun sukunya dalam nagari.


Menurutnya, peran bundo kanduang dalam keluarga sangat sentral dalam berbagai bidang, termasuk dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba di dalam keluarganya, sehingga mereka tidak akan terjerumus pada barang haram tersebut.


Saifuddin menambahkan peredaran narkoba termasuk di Solok perlu mendapat perhatian khusus, karena narkoba sudah  menyasar pada kaum muda.


Alumni Akpol itu mengimbau semua pihak untuk bergerak mengawasi lingkungannya masing-masing, agar peredaran narkoba semakin dibatasi dan ruang gerak persebarannya semakin menyempit.


Saifuddin, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya  kepada Bundo Kanduang Kubung Tigobaleh, Yetna Sri Yanti dan juga kepada Bundo Kanduang Nagari Sungai Jambur, pemerintahan nagari, serta ninik mamak yang telah melaksanakan acara ini. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update