Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menyambut HUT RI ke-77, FPL dan DKP Pasbar Gelar Lomba Literasi

Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:53 WIB Last Updated 2022-08-14T10:54:39Z

Lomba literasi dalam rangka meriahkan HUT RI di Pasbar.
 

Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten (DKP) Pasaman Barat dan Forum Pegiat Literasi (FPL) menggelar lomba literasi untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77. Kegiatan ini dilangsungkan untuk meningkatkan minat dan bakat literasi generasi penerus di Bumi Mekar Tuah Basamo.


Ada 3 cabang lomba yang diadakan, antara lain menulis puisi (tingkat SD, SLTP dan SLTA), membuat poster (tingkat SD dan SLTP) dan lomba pembacaan pembukaan UUD 1945 (tingkat SD, SLTP dan SLTA). 


Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Muharram mengatakan, kegiatan seperti itu sudah lama diidamkan oleh pelajar di Kabupaten Pasbar. Karena pandemi Covid-19, maka kegiatan yang mengundang banyak orang tidak bisa dilakukan. 


"Alhamdulillah, sekarang kita bisa menggelar kegiatan yang hebat seperti ini," katanya ketika membuka kegiatan tersebut, Minggu (14/8/2022) di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. 


Ia menambahkan, kegiatan lomba tersebut digelar berkat kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan Forum Pegiat Literasi (FPL). Sehingga kegiatan seperti itu, menjadi sejarah baru dan diharapkan bisa dilanjutkan. 


"Dengan tujuan kegiatan seperti ini bisa membawa jiwa literasi kita semakin maju, semakin meningkat. Tentunya kegiatan seperti lebih semarak di masa yang akan datang," tuturnya lagi. 


Apalagi, katanya, literasi atau membaca bisa dilakukan dimana saja. Karena mambaca merupakan jendela dunia. Saat ini, sudah ada aplikasi baru yang bisa di download dengan nama Pasbar Membaca.


Sementara itu, Ketua Forum Pegiat Literasi (FPL) Pasbar, Deni Meilizon menjelaskan, kegiatan ini melibatkan 160 generasi muda yang siap ambil bagian guna menyambut HUT RI ke-77 tahun 2022. 


"Apalagi yang membuat bangga kegiatan ini pesertanya bukan hanya dari Pasbar saja. Ada juga pelajar dari Pasaman," katanya.


Ia berharap kegiatan seperti itu bisa berlangsung dengan aman dan lancar. Karena tujuan utama diadakan lomba literasi untuk meningkatkan minat dan perhatian generasi muda terhadap literatur. (Robi)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update