Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Libatkan Masyarakat, Pemdes Sungai Besar Pucuk Rantau Realisasikan Program Ketahanan Pangan

Minggu, 28 Agustus 2022 | 13:36 WIB Last Updated 2022-08-28T10:17:15Z

Budidaya ikan nila, salah program ketahanan pangan di Desa Sungai Besar, Kecamatan Pucuk Rantau.
 

Kuansing, Rakyatterkini.com - Guna mewujudkan ketahanan pangan, Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Besar, Pucuk Rantau, Kuansing, Riau, realisasikan program ketahanan pangan dengan menanam cabai, semangka dan budidaya ikan nila.


Kades Sungai Besar, Tamyis, melalui Kaur Keuangan Elpisman menyebutkan, program ketahanan pangan pola pengerjaan padat karya tunai dengan melibatkan masyarakat ini, sekaligus dapat menambah penghasilan mereka yang tidak memiliki pekerjaan.


Karenanya dikatakan, puluhan warga yang terlibat dalam program tersebut, menggarap lahan mulai dari pengolahan tanah, penanaman hingga perawatan mendapatkan upah. Begitupun hasil panen bisa dikonsumsi sendiri dan dijual melalui BUMDes Sungai Besar.


Dijelaskan, program tersebut meliputi tiga kegiatan yakni penanaman cabai, semangka dan budidaya ikan nila yang dikelola kelompok masyarakat setempat. Kegiatan itu merupakan program prioritas dengan porsi 20 persen dari total anggaran dana desa.


"Melalui program ketahanan pangan tahun anggaran 2022, kami melakukan penanaman bibit cabai dan semangka. Keuntungan menanam semangka selain usia tanam lebih singkat, buah yang digemari banyak orang ini juga mudah perawatan," tuturnya.


Selain itu, juga merealisasikan bidang hewani yakni budidaya ikan nila. Kini dalam perawatan dan menunggu masa panen. Dalam beberapa bulan ke depan sudah bisa di panen, nanti masyarakat bisa menikmati hasilnya.


Ia menambahkan, program ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian, sehingga produksi dan cadangan pangan bagi kebutuhan rumah tangga masyarakat Desa Sungai Besar dapat terpenuhi. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update