Notification

×

Iklan

Lasqi Gelar Rakernas, Ini yang Dibahas

Minggu, 28 Agustus 2022 | 16:13 WIB Last Updated 2022-08-28T10:18:31Z

Lisda Hendrajoni
 

Painan, Rakyatterkini.com – Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dimulai sejak 24 Agustus 2022 hingga berakhir kemarin Jumat (26/8/2022). Rangkaian kegiatan dalam kurun 3 hari tersebut, yakni Rakernas sekaligus, Diklatnas yang diikuti sejumlah perwakilan dari masing-masing DPW Lasqi se-Indonesia.


Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Lasqi Lisda Hendrajoni, menyebutkan, keberadaan Lasqi harus dapat dirasakan khususnya oleh seniman qasidah di seluruh Indonesia.


“Alhamdulillah, Lasqi kita terus tumbuh. Ini berkekuatan hukum dan bisa dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, Lasqi harus menjadi tempat bernaung bagi para seniman kita dari Sabang sampai Merauke. Semua harus merasakan dan menikmati manfaatnya. Ini juga yang menjadi semangat saya, untuk memimpin Lasqi,” tutur Lisda.


Sesuai dengan tema Rakernas yakni “Meneguhkan sikap dan memperkokoh kelembagaan, menuju sentralisasi dan integritasi Lasqi SATU Lasqi KUAT” merupakan bentuk komitmen dalam menjalankan organisasi ke depan.


“Makna dari tema yang kita usung adalah tentang komitmen, konsisten dan teguh bahwa Lasqi hanya satu, yang berpusat pada Lasqi yang sah dan berkekuatan hukum serta diakui negara. Sehingga, dengan persatuan tersebut, pondasi Lasqi menjadi lebih kuat dan kokoh,” ungkap Lisda lagi.


Dalam Rakernas yang berlangsung di Hotel Sofya Cut Mutia, Kawasan Menteng, Jakarta Pusat itu, dibahas sejumlah agenda pokok. Antara lain, terkait pemantapan persiapan Festival Lasqi Tingkat Nasional tahun 2022.


“Ini merupakan Festival Lasqi Tingkat Nasional yang akan diikuti oleh seluruh utusan Lasqi se-Indonesia. Kegiatan akan kita pusatkan di Kota Palembang. Saat ini, sedang proses pematangan termasuk expose, yang rencananya akan langsung disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan,” terang Lisda yang juga merupakan Anggota Komisi VIII DPR RI tersebut.


Dalam agenda Rakernas juga dibahas dan ditetapkan petunjuk pelaksanaan serta petunjuk teknis pelaksanaan festival.


Sementara pembahasan lainnya yakni tentang kasus lembaga di tingkat banding saat ini, serta konsolidasi organisasi dan Festival Seni Qasidah (FSQ) dengan skala yang lebih besar pada tahun 2023. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update