Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lagi Gempa Susulan Terjadi di Mentawai

Senin, 29 Agustus 2022 | 11:30 WIB Last Updated 2022-08-29T04:30:28Z

Ilustrasi gempa. (BMKG)


Padang, Rakyatterkini.com - Gempa susulan kembali terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin 29 Agustus 2022, sekitar pukul 10.34 WIB.


Info resmi dari BMKG, gempa dirasakan Mag:6.4, dengan lokasi 0.99 LS, 98.53 BT. Pusat gempa berada di laut 116 km barat laut Kepulaian Mentawai, dengan kedalaman 10 Km.


Gempa tidak berpotensi stunami. Meskipun begitu, warga diimbau untuk hati-hati dan waspada, terhadap gempa susulan yang diperkirakan akan terjadi. Sejak pagi tadi, telah terjadi gempa sebanyak tiga kali.


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng segmen Megathrust Mentawai-Siberut. 


Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault ).


Gempabumi ini dirasakan di daerah Siberut Utara dengan skala intensitas IV MMI, Tuapejat dengan skala intensitas III MMI. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.


Begitu juga di Pasaman Barat, Padang, Painan, Nias Selatan dengan skala intensitas II - III MMI.


Daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Kab. Solok, Solok Selatan dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 


Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update