Notification

×

Iklan

Kondisi Indra Terus Membaik, 'Awak Sanang Tingga di Siko'

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 22:54 WIB Last Updated 2022-08-27T15:54:00Z

Tokoh masyarakat Padang Lariang, Kaswirman, bersama warga lainnya, membezuk Indra Anda di RSJ HB Saanin, Sabtu 27 Agustus 2022.

Padang, Rakyatterkini.com - Kondisi Indra Anda (35) terus membaik setelah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin, Padang, Sumatera Barat.


Indra Anda sebelumnnya dirantai 8 tahun, karena kerap mengamuk dan meresahkan warga Korong Tangah Padang Laring, Kenagarian III Koto Aur Malintang Utara, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.


Setelah diekpose media ini, akhirnya Kemensos RI terperanjat dan merespon cepat atas kasus tersebut dengan menurunkan tim dari Jakarta untuk menangani anak malang itu. 


"Alhamdulillah kondisi Anda --panggilan akrab Indra Anda-- terus membaik, dia malah betah tinggal di sini," ujar Rosmi, di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin, Kota Padang,  Sabtu (27/8/2022).


Anda dirawat di Bangsal Mawar dia sendiri tinggal dalam bangsal tersebut dengan tempat tidur dan kasur yang empuk. Anak malang itu mengaku betah tinggal di sana dan kondisi yang terus membaik.


Sebelumnya dia pernah dirantai dan diinapkan di kandang sapi, karena sering mengganggu rumah warga di sekitar di Korong Tangah Padang Laring. Malah dia kerap melempar rumah warga dengan batu, sehingga pihak keluarga membuatkan keputusan dengan merantai anak dari pasangan Zainal dengan Rosmi tersebut.


Menyedihkan dia harus hidup di kandang sapi selama delapan tahun lamanya, dengan kondisi yang sangat menyedihkan tanpa baju dan celana. Sebab setiap pakaian yang diberikan dirobek-robek sampai cair sehingga tidak bisa digunakan lagi.


Setelah diekspose media ini atas peristiwa menyedihkan tersebut, akhirnya mendapat tanggapan serius dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Timnya turun ke Padang Laring dengan berkoordinasi dengan Dinsos Provinsi Sumbar dan Kabupaten Padang Pariaman serta walinagari III Koto Aur Malintang Utara. Tim Kemensos itu dipimpin oleh Indra Gunawan.


Kemensos membawa Anda ke RSJ HB Saanin untuk dirawat. Diakui Kemensos RI mereka terkejut atas kasus yang menimpa anak malang tersebut.


"Jika tidak ada halangan dalam waktu dekat ini, Anda sudah bisa pulang. Begini kata dokter yang menanganinya," ujar Rosmi dengan senyum kepada media ini yang disambut hati senang oleh tokoh masyarakat Padang Laring, Kaswirman dan keluarga yang ikut menjenguk Indra Anda ke RSJ HB Saanin tersebut.


Rosmi menyebutkan, kondisi Anda tinggal pemulihan, kini agak susah berjalan, karena lama dirantai kaki agak mengecil ditambah lagi kakinya pernah luka karena menghantam kaca dengan kakinya saat mengamuk.


Pada saat itu kaki Anda luka parah ditusuk kaca dan dijahit beberapa jahitan. "Antah putuih urek kakinyo antah baa, sahingga Anda agak susah jalan. Kalau pai ka WC terpaksa menggunakan alat bantu," terang Rosmi lagi.


Rosmi pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Walinagari III Koto Aur Malintang Utara dan tim Kemensos yang telah peduli terhadap penderitaan anaknya. 


"Jika indak dirawat di RSJ ini, antah baa kondisi anak awak. Sebab kami sudah angkat tangan, biaya tidak ada, apalagi kondisi ekonomi kami susah," tambah Rosmi saat mengenang masa lalunya.


Pada kesempatan itu, Rosmi menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada tim Kemensos RI yang turun dari Jakarta untuk menjemput Anda ke Korong Padang Laring dan berkoordinasi dengan walinagari kemudian mengantarkan ke RSJ HB Saanin. 


"Tolong sampaikan terima kasih kami kepada pak wali dan Kemensos yo. Semoga Allah membalasnya dengan pahala yang setimpal atas kebaikan ini," tambah dia.


Apalagi Kemensos RI itu tidak saja membawa Anda ke rumah sakit saja, juga memberikan kebutuhan lainnya kepada keluarga Anda. Bantuan itu berupa pemenuhan kebutuhan makanan serta nutrisi, perawatan diri dan pemberdayaan usaha ekonomi produktif berupa ternak ayam bagi keluarga. 


Begitu juga ia juga mengucapkan terima kasih kepada dunsanak baik di kampung maupun di perantauan yang telah ikut peduli dan mendoakan Anda ini cepat sehat. 


"Kami tidak bisa sebutkan satu persatu, semoga amal kembaikan dan doanya semuanya, baik orang kampung maupun perantauan, semoga Anda ini cepat sembuh dengan kondisinya pulih sedia kalanya," tambah dia.


Sementara itu, Anda mengaku senang tingal RSJ tersebut. "Sanang awak di siko," ujarnya singkat. 


Anda terlihat gemuk, dengan kulit mulai tacelak. Meski masih tapana-pana saat diwawancarai, tapi kondisinya sangat jauh berubah ketika dirantai dengan rentang waktu yang cukup lama. (ab)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update