Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kegiatan Pramuka Positif dan Bermanfaat

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:40 WIB Last Updated 2022-08-15T23:36:46Z

Staf Ahli Bupati, Dr. Novirman, S.KM, MM., foto bersama dengan Kwartir KPGD Solok Selatan.
 

Pakan Rabaa, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyebutkan pendidikan Pramuka untuk memberikan pendidikan kepada generasi muda, agar bermental kuat dan kokoh guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Staf Ahli Bupati, Dr. Novirman, S.KM, MM., mengemukakan pramuka adalah kegiatan positif yang bisa memberikan pendidikan kepada anggotanya, terutama sekali norma-norma masyarakat yang berlaku.


“Kita berharap kegiatan ini dapat mendidik generasi muda untuk melakukan hal-hal positif sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku, serta dapat mempersiapkan mental yang kuat dan kokoh untuk menjaga keutuhan NKRI,” kata Novirman, saat mewakili Bupati H. Khairunas di Bumi Perkemahan Batu Bagendiang, Ulu Suliti, KPGD, Minggu (14/8/2022). 


Untuk itu, sambung dia, perlu dilakukan evaluasi kegiatan untuk melihat hasil yang didapat. Mulai dari pembentukan karakter dan perubahan mental anggota Pramuka. Terlebih, kegiatan ini memiliki sinergitas dengan visi dan misi Pemkab Solok Selatan di bawah kepemimpinan Bupati H. Khairunas dan Wakil Bupati H. Yulian Efi.


Di kesempatan yang sama, Kwartir Ranting KPGD Bustami berharap, kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin dan sekolah-sekolah terkait dapat meningkatkan partisipasinya untuk Pramuka.


“Saya harap kegiatan perkemahan ini tetap berlanjut secara berkesinambungan. kemudian, tingkat satuan pendidikan untuk lebih meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di sekolah-sekolah,” tambahnya lagi.


Dia juga meminta agar Kwartir Cabang (Kwarcab) segera dibentuk kepengurusannya. Karena, Kwarcab ini yang nantinya akan membina Kwaran, Gugus Depan, dan organisasi pendukung Gerakan Pramuka yang ada di Solok Selatan.


Adapun kegiatan Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami) dilaksanakan Kwartir Ranting KPGD pada 12-14 Agustus 2022 dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke-61 yang jatuh pada 14 Agustus 2022 lalu. Acara ini mengusung tema 'Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa'.


Peserta kegiatan ini adalah Gugus Depan SD dan SMP se-Kecamatan KPGD. Terdapat sebanyak 21 SD, 3 SMP, dan 1 lembaga pendidikan swasta yang ikut dalam Perjusami ini.


Hadir dalam peringatan HUT pramuka kali ini, Sekretaris Disdikpora Solok Selatan Asniati Darfis, Camat KPGD, dan pengurus Pramuka Wilayah Kecamatan KPGD. (Alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update