Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Generasi Muda Sawahlunto Dibekali Wawasan Kebangsaan

Rabu, 31 Agustus 2022 | 08:58 WIB Last Updated 2022-08-31T01:58:28Z

Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti saat menjadi pemateri pada pembekalan wawasan kebangsaan.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Wawasan kebangsaan dapat diartikan sebagai konsepsi cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri, dan lingkungannya.

 

Wawasan kebangsaan menentukan cara bangsa mendayagunakan kondisi geografis negara, sejarah, sosio-budaya, ekonomi dan politik, serta pertahanan keamanan dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional. 


Itu disampaikan Wakil Walikota Sawahluto, Zohirin Sayuti, saat menjadi narasumber pada kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan Penigkatan Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda Sawahlunto, bertempat di Khas Ombilin Heritage Hotel Sawahlunto, Selasa (30/8/2022), yang diikuti generasi muda Sawahluto.


Wawasan kebangsaan, lanjut Zohirin mengandung komitmen dan semangat persatuan untuk menjamin keberadaan dan peningkatan kualitas kehidupan bangsa dan menghendaki pengetahuan yang memadai tentang tantangan masa kini dan masa mendatang serta berbagai potensi bangsa. 


Generasi muda harus mampu menjadi pelopor dalam mengimplementasikan wawasan kebangsaan dalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Sebagai bangsa kita memiliki Pancasila yang menjadi pandangan hidup bangsa, dasar negara dan ideologi nasional di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara yang berakar kuat di dalam kebudayaan daerah-daerah Indonesia. 


"Sawahlunto sebetulnya sudah menjadi rulemodel dari penerapan Wawasan Kebangsaan dan Penigkatan Kesadaran Bela Negara ini, di kota yang multi etnis dan agama ini belum pernah kita temukan gejolak atau gesekan antar etnis atau agama" ujar Zohirin Sayuti.


Kemudian katanya, perlu dilakukan pengenalan lebih dalam mengenai aneka ragam adat istiadat, kelebihan dan kekurangan masyarakat kita, lagu-lagu rakyat, nyanyian dan tarian daerah, sastra daerah, flora-fauna, dan kekayaan alam. Juga pemahaman humaniora dan historiografi peristiwa-peristiwa daerah dan  nasional Indonesia.


Selain itu juga perlu pemahaman tentang peran serta generasi muda Indonesia khususnya Sawahluto dalam upaya kemanusiaan dan perdamaian. 


Sumbangsih generasi muda Indonesia di dunia olahraga dan kesenian merupakan upaya yang dapat dilaksanakan dengan berbagai metode yang relevan untuk melaksanakan bimbingan di atas di sekolah maupun di keluarga.


Menurut Adriyusman, Kepala Kesbangpol dan PBD Sawahlunto yang menggagas kegiatan ini, wawasan kebangsaan lebih dalam dapat diartikan sebagai cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya. Serta bagaimana kita mengekspresikan kebangsaanya di dalam lingkungan yang berubah begitu cepat.


Wawasan kebangsaan tidak hanya tuntutan bagi bangsa untuk mewujudkan jati diri atau identitasnya melainkan pembinaan tata laku sebagai satu bangsa yang menyakini nilai-nilai hakikinya. 


Di sinilah letak nilai implikasi strategis dari pembinaan wawasan kebangsaan yang harus dilaksanakan secara berlanjut dan berkesinambungan" ujarnya. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update