Notification

×

Iklan

Dirawat di RSJ HB Saanin, Kondisi Anda Membaik

Jumat, 19 Agustus 2022 | 21:57 WIB Last Updated 2022-08-19T14:57:04Z

Indra Anda saat dirawat di RSJ HB Saanin, Padang.


Padang, Rakyatterkini.com  -  Indra Anda (35) kondisinya mulai membaik setelah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (18/8/2022).


Indra Anda sebelumnnya dirantai selama 8 tahun, karena kerap mengamuk dan meresahkan warga Korong Tangah Padang Laring, Kenagarian III Koto Aur Malintang Utara, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman.


Setelah diekpose oleh media ini, akhirnya Kemensos RI merespon cepat atas kasus tersebut dengan menurunkan tim dari Jakarta untuk menangani anak malang tersebut. 


"Alhamdulillah kondisi Indra Anda sekarang sudah mulai membaik, karena sudah lama dirantai, sehingga kakinya agak mengecil, sehingga dia agak susah berdiri," ujar Tim Kemensos RI, Indra Gunawan, lewat telepon selulernya, Jumat (19/8/2022).


Menurut Indra Gunawan, tim dari Kemensos RI langsung turun Korong Padang Laring menjemput Indra Anda untuk dibawa berobat ke RSJ. 


Anak malang itu kini sudah di RSJ HB Saanim untuk perawatan fisik dan mental dan diperkirakan sekitar 14 - 30 hari dirawat tergantung hasil diagnosa dokter dan psikiater. 


Menurut Indra Gunawan, selama perawatan seluruhnya sudah di tanggung Kemensos sambil mengajukan untuk pengurusan BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan beberapa program reguler dari Kementerian Sosial. 


"Untuk ke depan kami meminta pemerintah daerah agar lebih responsif membantu warganya yang sedang terkena musibah, karena tetap peran daerah harus ada. Kami di tingkat pusat hanya sebagai pendorong," ujarnya.


Sebagai bentuk negara hadir, tim Kemensos melakukan respon cepat atas berita atau pengaduan dari masyarakat. Untuk kasus ini Kemensos tidak hanya mengevakuasi (membebaskan pasung) Indra Anda, tetapi juga memberikan bantuan ATENSI.


Bantuan itu berupa pemenuhan kebutuhan permakanan serta, nutrisi, perawatan diri dan pemberdayaan usaha ekonomi produktif berupa ternak ayam bagi keluarga. 


Diharapkan ini menjadi pemicu bagi daerah agar dapat lebih memperhatikan dan perduli atas warga masyarakatnya yang sedang mengalami masalah. (ab)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update