Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cegah Penyakit Menular, Ribuan Sapi di Kuansing Suntik Vaksin

Jumat, 12 Agustus 2022 | 20:56 WIB Last Updated 2022-08-12T13:56:35Z

Petugas bidang perternakan menyuntikkan vaksin PMK pada sapi.
 

Kuansing, Rakyatterkini.com - Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kuansing, melaporkan bahwa hingga 8 Agustus 2022, sebanyak 2.827 ekor sapi milik peternak sudah disuntik vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).


Plt. Kadis Perkebunan dan Peternakan, Andriyama Putra mengatakan, penyuntikan vaksin untuk memutus rantai penyebaran penyakit menular hewan ternak itu. Hingga kini, terus dilakukan di seluruh wilayah peternakan sapi di Kuansing.


Ia menyebutkan, Pemkab Kuansing sebelumnya menerima 5.800 dosis vaksin dari Pemprov Riau. Pemberian vaksin oleh vaksinator bidang peternakan sudah dilakukan sejak sebulan terakhir dan hingga kini sudah disuntikkan pada 2.827 sapi.


"Data terakhir ada 2.827 sapi sudah disuntik vaksin pertama. Dan vaksin booster 800 ekor. Hingga saat ini, petugas di lapangan terus melaksanakan vaksin PMK di seluruh wilayah sentra peternakan sapi di Kuansing," katanya, Jumat (12/8/2022).


Ia menuturkan, adapun tujuan dari vaksinasi ini adalah untuk memberikan kekebalan atau antibodi pada hewan ternak sapi dan kerbau. Sehingga, dapat melawan virus penyebab penyakit ternak yang mewabah tersebut. 


"Peternak tak perlu panik, hewan yang terpapar virus asal cepat ditangani bisa sembuh. Namun demikian, kita harus tetap waspada dan peternak harus tetap menjaga imunitas ternaknya, agar sehat dan terhindar dari virus PMK," ujarnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update