Notification

×

Iklan

Bawaslu Pessel Dirikan Posko Pengaduan Masyarakat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:09 WIB Last Updated 2022-08-12T09:09:06Z

Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison.
 

Painan, Rakyatterkini.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, mendirikan Posko Pengaduan Masyarakat atas keberatan masyarakat terhadap penggunaan data diri sebagai pengurus atau anggota partai politik (Parpol), yang tercantum dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), Jumat (12/8/2022).


Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison, menyampaikan pendirian posko dilaksanakan berdasarkan Instruksi Bawaslu RI Nomor 3 Tahun 2022.


“Tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2024, saat ini sedang berlangsung di tingkat pusat. Pendirian posko merupakan salah satu upaya yang dilakukan Bawaslu Pessel dalam meminimalisir pencatutan nama dan data pribadi masyarakat oleh partai politik, dalam memenuhi jumlah anggota partai politik sebagai persyaratan lulus sebagai peserta pemilu tahun 2024,” tutur Erman Wadison.


Menindaklanjuti itu, sambung Ketua Bawaslu Pessel, laporan masyarakat yang diterima akan disampaikan secara berjenjang ke Bawaslu RI. Bawaslu Pessel juga akan menyampaikan laporan masyarakat tersebut, dalam bentuk saran perbaikan ke KPU Pesisir Selatan. 


“Selain mendirikan posko, Bawaslu Pessel juga melakukan imbauan kepada masyarakat di platform media sosial dan website lembaga, untuk memastikan nama dan data pribadi tidak dicatut untuk keanggotaan dan/atau pengurus partai politik di dalam SIPOL melalui link yang telah dibuat. Berikut ini adalah link-nya, https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_niknik," ujarnya. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update