Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Banyak BUMDes Mangkrak di Kuanteng, Camat: Keliru Memilih Usaha

Selasa, 23 Agustus 2022 | 13:44 WIB Last Updated 2022-08-23T06:44:04Z

Camat Kuantan Tengah, Kuansing, Riau, Agus Iswanto.
 

Kuansing, Rakyatterkini.com - Camat Kuantan Tengah, Kuansing, Riau, Agus Iswanto mengungkapkan, banyak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tidak beroperasi atau mangkrak lantaran usaha tidak berkembang. 


Dikatakannya, dari 20 BUMDes yang ada di Kecamatan Kuantan Tengah (Kuanteng), lebih dari separuhnya mangkrak, sehingga tidak memberikan kontribusi terhadap pendapatan desa. 


Agus menjelaskan, penyaluran Bankeu oleh Pemprov Riau untuk setiap desa sejak tiga tahun terakhir, mencapai ratusan juta rupiah. Hingga saat ini, belum memberikan dampak positif untuk pengembangan BUMDes. 


Lebih lanjut dijelaskannya, persoalan yang paling utama adalah keliru dalam memilih usaha, sehingga tidak sesuai potensi dengan pangsa pasar. Soal lainnya yakni permodalan dan kapasitas sumber daya manusia.


"Penyebab paling utama yaitu banyak usaha yang dijalankan BUMDes tidak selaras dengan potensi yang ada, dan banyak masalah lainnya yang membuat tidak aktif. Jadi, di Kuantan Tengah, lebih 50 persen BUMDes mangkrak.


Contoh desa Jake, dulu BUMDes-nya bagus tapi karena ada masalah di pengurus belakangan seperti mati suri. Sangat disayangkan, padahal banyak dana UED-SP yang mengendap. Sebab itu, kita terus lakukan pembinaan agar ada pembenahan," ucap Agus Iswanto, Senin (22/8/2022). (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update