Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Alokasi Rp176 Miliar, Dana Desa di Kuansing Sudah Terserap 75 Persen

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:52 WIB Last Updated 2022-08-16T23:14:02Z

Kabid PMD Arta Melia.
 

Kuansing, Rakyatterkini.com - Dinas Sosial PMD Kabupaten Kuansing, Riau, menyebutkan serapan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 oleh 218 desa yang ada di daerah itu, hingga kini mencapai sekitar 75 persen. 


Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Arta Melia didampingi pejabat fungsional Fakhrurazy kepada Rakyatterkini.com, mengatakan bahwa anggaran DD dari pemerintah pusat untuk 218 desa di Kuansing tahun ini adalah sebesar Rp 176 miliar.


Setiap desa, sebutnya, menerima DD bervariasi. Sebagian besar anggaran diperuntukkan untuk pelaksanaan kegiatan  prioritas yang diamanatkan pemerintah seperti ketahanan pangan, infrastruktur, pemberdayaan dan penanganan Covid-19.


"Penyaluran DD sudah tahap II. Dan, 40 persen dari DD itu dialokasikan untuk BLT dan 20 persen untuk ketahanan pangan. Ini merupakan program prioritas dari pemerintah pusat. Ya, pada intinya anggaran ini untuk kesejahteraan masyarakat," kata Arta Melia, Selasa (16/8/2022).


Ia menambahkan, dengan serapan dana desa maksimal tentu akan berdampak pada peningkatan daya beli dan daya serap di tengah masyarakat. Oleh karena itu,  pengucuran dana desa harus dapat berjalan dengan baik, sebagaimana regulasi yang ada. 


"Memang ada sejumlah desa di Kecamatan Hulu Kuantan lambat penyaluran DD tahap II. Tapi, sudah kita tegaskan ke mereka dalam minggu ini harus salur. Selambatnya tanggal 19 Agustus tahap II semua harus terserap, agar perekonomian masyarakat menggeliat," pungkasnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update