Notification

×

Iklan

353 Tahun Kota Padang, Pemko Raih Sejumlah Prestasi, Ini Apresiasi Pimpinan DPRD

Minggu, 07 Agustus 2022 | 16:30 WIB Last Updated 2022-08-08T03:34:40Z

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani pimpin sidang paripurna HUT ke-353 Kota Padang, dihadiri Gubernur Mahyeldi dan Wali Kota, Hendri Septa.


Padang, Rakyatterkini.com - Kota Padang memasuki usia ke-353 tahun. Tepatnya pada Minggu 7 Agustus 2022, dilakukan perayaan, dengan agenda sidang paripurna di DPRD Padang.


Pada Minggu 7 Agustus 2022 itu, sidang paripurna yang dipimpun ketua DPRD, Syafrial Kani, beserta wakil ketua, dihadiri Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Walikota Padang, Hendri Septa, Forkopimda, Kepala OPD, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.


Hadir juga bupati/wali kota se-Sumbar, serta sejumlah mantan wali kota dan wakil wali kota Padang.

 

Perayaan HUT ke-353 ini, juga bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-15 yang digelar di Kota Padang selama 7-10 Agustus. 


Gubernur, Mahyeldi, Walikota Hendri Septa dan ketua DPRD, Syafrial Kani, saat memasuki gedung DPRD.

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani memberikan apresiasi atas mengapresiasi pada walikota Hendri Septra atas pencapaian dan kemajuan pembangunan, termasuk kesuksesan dalam meraih sejumlah prestasi selama setahun terakhir.


Di antaranya keberhasilan meraih delapan kali berturut-turut penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sumbar dalam urusan pengelolaan laporan keuangan daerah.


Tema yang diangkatkan pada Hari Jadi Kota Padang ke-353 tersebut adalah 'Memperkokoh Sinergi dalam Pembangunan dan Bangkit dalam Keunggulan'.


“Kita patut apresiasi pencapaian yang luar biasa tersebut. Ini telah menunjukkan pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemko Padang di bawah kepemimpinan Wali Kota Hendri Septa berjalan dengan baik dan sesuai aturan. Begitu juga di bidang lainnya," katanya.


Gubernur Mahyeldi, Wali Kota Hendri Septa dan ketua DPRD Syafrial Kani bersama nyonya.

Selain itu, Syafrial juga menyambut baik berbagai pembangunan yang dilakukan seperti pengembangan/revitalisasi Pasar Raya Padang, Pantai Padang, Pantai Air Manis dan sejumlah objek wisata lainnya yang menjadi ikon pariwisata di Kota Padang.


"Kita di DPRD tentu berharap momen peringatan HUT ini tidak menjadi kegiatan rutin tahunan saja. Namun hendaknya sama-sama menjadi ajang evaluasi untuk peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Padang ke depan. Alhamdulillah Kota Padang saat ini menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI ke-15 yang diikuti Wali Kota se-Indonesia. Kita berharap akan banyak memberikan dampak positif bagi warga dan kota yang kita cintai ini," harapnya.


Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan selamat merayakan hari jadi Kota Padang kepada semua warga kota.


"Alhamdulillah, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang saya mengucapkan selamat merayakan Hari Jadi Kota Padang ke-353 bagi seluruh warga Kota Padang dimana saja berada. Semoga Kota Padang ke depan semakin lebih baik lagi dan mendapatkan berkah dari Allah SWT," ujar Hendri Septa.


Selanjutnya Wako Hendri Septa juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak dan seluruh masyarakat Kota Padang yang telah ikut bersama-sama mendukung kemajuan pembangunan di Kota Padang.


Gubernur, wali kota, ketua DPRD bersama mantan wali kota Padang, Zuiyen Rais, dan tokoh masyarakat.

"Alhamdulillah, hari ini tepat sudah 353 tahun usia Kota Padang. Semua kemajuan dan berbagai prestasi pembangunan telah berhasil diraih Kota Padang sampai saat ini. Dan itu semua adalah berkat sinergi dan dukungan yang luar biasa dari seluruh unsur/pemangku kepentingan, terutama seluruh warga Kota Padang," ungkap orang nomor satu di Kota Padang tersebut.


Wako Padang itu juga menceritakan, terkait peringatan hari lahirnya Kota Padang yaitu sejatinya merupakan sebuah momentum guna mengenang kembali peristiwa heroik yang terjadi pada 7 Agustus 1669 silan. 


Ini menjadi momen untuk mengenang sejarah peristiwa heroik yang membawa ingatan kita kembali ke 353 tahun yang lalu. Di mana saat itu pasukan Berbangso Rajo dari Pauh dan Koto Tangah dengan dukungan penuh dari masyarakatnya melakukan penyerangan ke loji atau benteng Belanda yang mengakibatkan jatuhnya korban dari kedua belah pihak.


Peristiwa bersejarah inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya Kota Padang melalui persetujuan DPRD Kota Padang tanggal 31 Juli 1985 dan Keputusan Wali Kota Padang 1 Agustus 1986.


Pemerintah Kota Padang memberikan penghargaan kepada tokoh masyarakat yang telah memberi sumbangsih pemikiran serta karya bagi Kota Padang. 


Penghargaan diberikan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah didampingi Wali Kota Padang Hendri Septa pada Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Padang ke-353. (adv)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update