Notification

×

Iklan

Walikota Solok Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2021

Rabu, 20 Juli 2022 | 14:38 WIB Last Updated 2022-07-20T08:10:07Z

Wako Solok, Zul Elfian Umar (tengah).

Kota Solok, Rakyatterkini.com - Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar, menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2021 atas penilaian dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD). 


Dengan begitu, Pemko Solok menerima penghargaan itu, untuk kategori kota kecil bersama dengan 4 Kota lainnya, yaitu Kota Bukittingi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang dan Kota Magelang.

 

Penghargaan tersebut, diserahkan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Alue Dohong kepada  Walikota Zul Elfian Umar, di Gedung Manggala Wana Bakti, Jakarta, Rabu 20 Juli 2022.


Ikut mendampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Zulkifli, Kepala Bagian Umum Setdako, Zulfadrim dan Pranata Humas Ahli Muda, Yopi Permana. Sekadar informasi, Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada kepala daerah, atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.


Wakil Menteri Dr. Alue Dohong mengatakan, penghargaan ini merupakan penghargaan rutin yang diberikan setiap tahunnya, yang bertujuan memberikan motivasi bagi pemerintahan daerah, terutama sekali dalam mengambil kebijakan yang dapat menjaga keberlangsungan lingkungan hidup.


Katanya, ini juga merupakan jawaban terhadap pemimpin yang bisa menjadi pelopor serta mempunyai kemampuan dalam menjaga lingkungan. Selain itu, menjawab segala permasalahan lingkungan hidup dengan solusi yang tepat berdasarkan ketentuan hukum yang dipadukan dengan kearifan lokal serta sinergi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. 


Sementara  Walikota Solok mengungkapkan, penghargaan ini bentuk pengakuan atas eksistensi pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan yang hijau dan berwawasan lingkungan. Tidak saja itu, ini tentu juga menjadi semangat baru, agar selalu berinovasi dan bekerja lebih baik lagi ke depannya.


"Sampai kapanpun pemerintah daerah tetap akan menjaga komitmen ini, sehingga di masa yang akan datang, Kota Solok menjadi kota dengan ekosistem ramah lingkungan. Juga lingkungan yang mampu memberikan dampak positif pada segala aspek kehidupan masyarakat," papar Zul Elfian Umar. (DD)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update