Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Serba-serbi Idul Adha di Komplek BBP Balai Baru, Sampai 'Teleng' Bahu Anak itu Nenteng Kresek

Minggu, 10 Juli 2022 | 16:36 WIB Last Updated 2022-07-11T02:22:47Z

Pengurus Musala Babul Jihad Komplek BBP Balai Baru foto bersama dengan Panitia Kurban Idul Adha 1443 H.
 

Padang, Rakyatterkini.com - Sapi kurban itu melenguh panjang tat kala hendak disembelih petugas kurban di Musala Babul Jihad, Komplek Bumi Bunda Persada, Balai Baru, Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Minggu (10/6/2022). 


Sesekali, nampak pula hewan kurban lainnya meronta kuat. Malah, berjingrak-jingrak dan mendongkak, meringis. Bahkan, ada pula yang berani melawan panitia kurban, dengan menarik tali kuat seraya berlari-lari kecil, berputar-putar lama. Untung panitia sigap, Burhan, warga komplek yang terkenal dengan pawang sapi ini, mampu menjinaki hewan tersebut.


Entah apa yang dibaca lelaki berkepala lima itu, tiba-tiba saja sapi tunduk, sembari mengusap-usap kepala sapi dengan mulut komat-kamit. Sementara panitia lainnya, ikut mengikat kaki untuk merebahkan sapi, sebelum dilakukan eksekusi penyembelihan oleh Buya H. Zulkarimi dan Mamak Ramli. Duo tokoh warga ini adalah 'pembunuh berdarah dingin sapi' di komplek ini. 


Begitulah suasana prosesi penyembelihan 5 hewan kurban yang dilakukan secara swadaya, bersama-sama warga. Menurut Ketua RT 04/RW V, Marjohan, bila dibandingkan dengan tahun 2021 lalu, sedikit terjadi penurunan jumlah hewan kurban pada tahun ini.


"Tahun lalu, ada 9 ekor sapi. Kini, hanya 5 saja. Tapi, kita bersyukur hewan kurban ini setidaknya bisa menumbuhkan jiwa kebersamaan, berbagi dalam momen hari raya merupakan suasana yang didambakan bersama," tutur Marjohan.


Usai bakda zuhur, panitia pun membagi-bagikan daging hewan kurban. Pembagian dilakukan secara tertib dan teratur. Karena, sebelumnya panitia sudah membagikan kupon kepada warga, terutama mereka yang berhak menerima daging tersebut. Pemandangan pun kian mantap, semua orang di kala itu, menjinjing keresek (kantong asoi) berisikan daging hewan kurban.


Bukan hanya itu, anak-anak yang menenteng kantong kresek tersebut, seolah-olah teleng (miring) bahunya sebelah, lantaran membawa kebahagiaan pulang ke rumah dengan harapan daging hewan kurban disantap lahap bersama keluarga tercinta di rumah. Saking girangnya, anak sekecil itu pun berjalan bak pahlawan tim kesebelan yang baru saja menjadi juara dalam sebuah laga perlombaan.


"Alhamdulillah, senang bisa pulang ke rumah bawa daging untuk dimasak bersama keluarga. Indahnya momen hari lebaran kurban, saling berbagi," tutur Ketua Pengurus Musala Babul Jihad, Erman ST., sembari menyebutkan semua daging hewan kurban lancar didistribusikan dan berlangsung aman, sesuai harapan warga. (Yas)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update