Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Patut Ditiru, Walinagari Koto Nan Tigo Utara Surantih Tanam Semangka

Jumat, 01 Juli 2022 | 13:56 WIB Last Updated 2022-09-16T03:27:46Z

Walinagari Koto Nan Tigo Utara Surantih tanam semangka.
 

Painan, Rakyatterkini.com - Walinagari Koto Nan Tigo Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan (Pessel), Erwil berupaya dan berusaha menanam semangka berkulit hitam berdaging merah di atas lahan seluas 2 hektare.


"Insya Allah, berkisaran 20 hari lagi panen," tutur Walinagari Erwil.


Di samping menjalani dan mengayomi masyarakat di nagarinya, Erwil juga membuat usaha bertani seperti tanam cabai serta jagung di nagarinya. Ini guna memotivasi petani, dan PPL untuk peningkatan produktivitas dan produksi pertanian. 


"Dengan demikian, Insya Allah Pessel maju terwujud," katanya lagi.


Langkah menanam semangka dan cabai juga peningkatan kapasitas hasil pertanian di nagari. Diharapkan, mampu meningkatkan produktivitas pertanian, terutama pada lahan yang memiliki jaringan atau lahan terjamin.


Selanjutnya, untuk menjamin ketersediaan stok pangan, ia meminta agar petani menyisihkan sebagian hasil produksi pertanian, untuk konsumsi keluarga. Selain itu, sebagian petani dan masyarakat di kenagariannya sudah mengikuti cara tanam cabai setan, di pekarangan rumah. 


"Untuk membantu kebutuhan sehari-hari masyarakat itu sendiri," paparnya.


Pola tanam semangka ini banyak manfaatnya bagi petani. Selain untuk mengurangi serangan hama, juga dapat meringankan biaya produksi yang dikeluarkan petani. Dan, tentunya dapat meningkatkan produksi pertanian.


"Jadi, ini semacam usaha sampingan di nagari," bebernya. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update