Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pacu Pendidikan, Bupati Khairunas Buka Pelatihan Guru Sekolah Penggerak

Selasa, 26 Juli 2022 | 16:34 WIB Last Updated 2022-07-26T13:49:10Z

Bupati Solsel, H. Khairunas buka pelatihan guru sekolah penggerak.
 

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, lewat Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, adakan pelatihan pembuatan dan pembahasan soal-soal literasi dan numerasi di Hotel Pesona Alam Sangir, Selasa (26/7/2022). Ini untuk memacu pendidikan di bumi seribu rumah gadang itu. 


Pelatihan itu diikuti guru-guru dan siswa yang berasal dari tiga sekolah, yaitu UPT SMPN 9, UPT SMPN 25 dan UPT SMPN 32 Solok Selatan, yang dimulai dari 26 Juli hingga 27 Juli 2022.


Kegiatan pelatihan dibuka langsung Bupati Solok Selatan, H. Khairunas, yang didampingi Sekdakab, Dr. Syamsurizaldi, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD. 


Menurut bupati, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan skil atau kecakapan para tenaga pendidik di daerah ini. Karena, pendidikan merupakan elemen penting dan prioritas dalam Visi dan Misi Pemkab Solok Selatan. Untuk itu, harus diikuti dengan sebaik-baiknya oleh semua peserta, sekaligus dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. 


“Guru-guru kita di Solok Selatan harus bisa beradaptasi dengan teknologi informasi. Jangan sampai ada guru yang belum melek teknologi, seperti mengoperasikan komputer,” tegas bupati lagi.


Selain itu, Pemkab juga memberikan dukungan penuh dalam rangka peningkatan kualitas tenaga pendidik, kependidikan dan siswa di Kabupaten Solok Selatan. Karena, untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas dan punya daya saing, diharapkan dengan pelatihan ini, para kepala sekolah dan guru, agar dapat mengembangkan diri dan meningkatkan pengetahuan dalam mengelola pendidikan.


Sementara itu, Kepala Disdikpora, Syamsuria, S.Pd. MM., mengemukakan, lewat pelatihan diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana cara membuat soal berbasis AKM yang tepat, serta dapat menumbuhkan ide-ide kreatif dari tenaga pendidik.


Menurut Sekretaris Disdikpora, Asniati Darfis, kegiatan ini difokuskan untuk tiga sekolah penggerak yang sudah melewati tahap asesmen. Tiga Sekolah tersebut juga mendapat alokasi anggaran khusus dalam rangka peningkatan kompetensi guru dan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Sehingga, mampu melahirkan guru-guru yang cakap dan handal serta mampu menularkan ilmu tersebut kepada guru-guru lain.


"Dan tentu saja kepada siswa di sekolah masing-masing," tuturnya.

.

Pelatihan ini juga menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Dr. Arnellis, M.Si, yang merupakan dosen Matematika FMIPA UNP Padang, Pembina Olimpiade Matematika Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Fasilitator Guru Penggerak. (Alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update