Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Mahasiswa PGSD STKIP WI Gelar Pameran Seni Rupa dan Kerajinan

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:21 WIB Last Updated 2022-07-26T10:21:15Z

Mahasiswa PGSD STKIP WI gelar pameran seni rupa dan kerajinan.


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pameran seni rupa dan kerajinan, mahasiswa semester IV PGSD STKIP Widyaswara Indonesia Solok Selatan, dilaksanakan di komplek kampus WI Solsel di Kuti Anyir Pasir Talang.


Kegiatan yang bertemakan ' Artistic Creativity of Fine Art and Crafts ' itu dibuka Ketua Yayasan WI Solsel, Eva Suryani, Senin (25/7/2022) dan berakhir Rabu (27/7/2022). 


Artinya selama tiga hari itu, mahasiswa maupun masyarakat akan dapat melihat lansung dan dapat juga membeli hasil karya seni lukis dan seni kerajinan tangan dari dua kelas mahasiswa semester IV, jurusan PGSD tersebut.


Menurut dosen Pengampu Mata Kuliah Seni Rupa dan Kerajinan Tangan Widyaswara Indonesia Solsel, Zulmi Ariyani, didampingi dosen lainnya, Rezi Susanto, ada tujuh macam hasil karya dari tugas akhir mahasiswa semester IV jurusan PGSD STKIP WI Solsel yang di pajang diarea pameran tersebut.


Tujuh jenis tugas kegiatan atau hasil karya tangan dari perkuliahan seni rupa dan kerajinan para mahasiswa semester IV itu, diantaranya menggambar hitam putih dengan pensil di kertas, menggambar dengan cat air di kertas, menggambar disain (ragam hias), dan seterusnya membatik di kain dengan berbagai warna cat.


Diharapkan, pameran perdana di kampus itu akan dapat memberi rangsangan estetik untuk menggali kreativitas mahasiswa atau penikmat seni. Maka untuk meningkatkan sensibilitas dalam berkarya seni tersebut perlu kreativitas yang berkesinambungan serta wadah eksperimen dalam rangka menghasilkan calon-calon guru SD di masa depan.


Bahkan membuat desain ragam hias sebelum proses membatik diharapkan juga dapat menjadikan mahasiswa lebih kreatif sebelum karya batik di buatnya. Muaranya, para calon guru SD ini akan mampu menjawab tuntutan mata pelajaran membatik yang diterapkan dalam kurikulum sekolah dasar, " terang Zulmi.


Sementara itu, Ketua Yayasan Widyaswara Indonesia Eva Suryani mendorong kreatifitas mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pameran seni untuk lebih besar lagi kedepannya.


Ketua STKIP Widyaswara Indonesia, menyambut baik dilaksanakannya pameran seni kerajinan tangan tersebut, dengan harapan dapat menyapa eksistensinya mahasiswa untuk lebih kreatif lagi dalam berkarya.


Serta tidak henti-hentinya bergulat dengan kreatifitas dan pemikiran untuk melahirkan karya-karya yang inovatif, kreatif, agar terus menerus memberikan arti dan kontribusi bagi pengembangan serta perkembangan seni rupa Indonesia maupun seni rupa internasional.


Selain itu,  pameran seni rupa para mahasiswa tersebut menurut Fidel Efendi juga diharapkan dapat membangun dialog yang kritis dengan para penonton, atau dengan peminat seni kerajinan tangan, Padang Aro. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update