Notification

×

Iklan

27 Motivator SILO Diserahkan Pemko Sawahlunto ke Pemerintah Desa

Jumat, 29 Juli 2022 | 14:01 WIB Last Updated 2022-07-30T07:03:32Z

Wako Deri Asta.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Pemko Sawahlunto menyerahkan motivator Sekolah Istri Teladan Sawahlunto (SILO) kepada pemerintah desa untuk diberdayakan mengisi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan terkhusus kaum ibu.


Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD PPA), Efriyanto, pada Kamis 28 Juli 2022, menyampaikan, SILO merupakan program inovasi Pemko Sawahlunto yang dilaksanakan dalam bentuk kelas dengan peserta perempuan yang sudah menikah, dengan batas maksimal usia 45 tahun, sudah mempunyai anak remaja dan beberapa kategori lainnya.


"Pada kelas SILO ini peserta diberikan materi-materi mengenai manajemen rumah tangga, trik psikologi dalam berkomunikasi dengan suami dan anak. Juga menjaga pergaulan anak-anak dan berbagai materi terkait rumah tangga lainnya," kata Efriyanto.


Ia menyebut program SILO ini sekarang memasuki tahun kedua. Sebelumya pada 2021 lalu, diikuti delapan desa dan telah diwisuda sebanyak 147 orang peserta.


"Pada 2022 ini SILO sudah dapat diikuti seluruh desa di Sawahlunto, yakni sejumlah 27 desa. Masing-masing desa mendapatkan satu orang motivator yang akan menyampaikan materi dan membimbing peserta, itulah yang sekarang kita serahkan pada pemerintah desa," ujarnya.


Efriyanto mengatakan para motivator itu sebelumnya telah mengikuti pembekalan sebagai trainer dengan instruktur/narasumber dari Yayasan Yasmina yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan.


Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyebut program SILO adalah komitmen dan wujud nyata bagaimana Pemko memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).


"Membangun SDM itu dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga, dimana dalam keluarga itu ada ibu yang memiliki peran sangat strategis. Karena itu, Pemko melaksanakan berbagai program yang berpihak dan bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas kehidupan kaum ibu. Salah satunya dengan pendidikan/pelatihan yang sekarang kita kemas dalam Sekolah Istri Teladan Sawahlunto (SILO) ini," ungkap Deri Asta.


Ia juga menyampaikan dalam SILO ini ada sinergi antara Pemko dengan pemerintah desa, dimana Pemko Sawahlunto memfasilitasi untuk menyiapkan motivator dan materi. Kemudian, desa menyiapkan peserta, transportasi dan lokasi serta sarana prasarana pendukung lainnya.


"Dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu dalam mendampingi suami dengan baik, menjaga dan mengelola rumah tangga, sampai mengasuh dan merawat anak-anak, itu akan berdampak besar terhadap lingkungan, sampai kemudian pada kota, bangsa dan negara. Jadi, ini termasuk upaya menjaga masa depan kota sampai negara," pungkasnya. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update