Notification

×

Iklan

Menyongsong Visit to Sumatera Barat 2023, Menparekraf RI Kunjungi Nagari Tuo Pariangan

Rabu, 06 Juli 2022 | 22:06 WIB Last Updated 2022-07-06T15:07:34Z

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno di Nagari Tuo Pariangan.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Dalam rangka penilaian 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, Rabu (6/7/2022) mengunjungi Nagari Tuo Pariangan.  Kedatangan Sandiaga Salahudin Uno atau yang biasa disapa Mas Menteri ini, disambut langsung Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, Ketua DPRD, Rony Mulyadi dan Forkopimda di lingkungan Kabupaten itu. 


Tiba di Pariangan, Sandiaga Uno mendengarkan langsung paparan terkait potensi dan sekilas tentang Nagari Tuo Pariangan, yang disampaikan tokoh masyarakat Pariangan yang juga permerhati budaya, Irwan Malin Basa. 


Selain itu, juga dilakukan penandatanganan prasasti Nagari Pariangan, sebagai 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Indonesia Bangkit, dan Anugrah Desa Wisata tahun 2022. 


Dalam sambutannya, Menteri Sandiaga Uno menyampaikan jika kunjungannya ke Nagari Pariangan, juga dalam rangka menyambut Visit to Sumatera Barat 2023, selain meninjau langsung Nagari Pariangan yang dinobatkan sebagai 50 Anugerah Wisata Terbaik se Indonesia tahun 2022. 


"Dimana pada tahun itu, Sumbar akan menggelar berbagai ivent internasional, seperti Muhtamar Ulama se-dunia, World Islamic Economic Forum dengan topik wisata halal. Nah, untuk menyambut ivent itu, kita harus mempersiapkan destinasi berkualitas dan berkelanjutan," kata Sandi. 


Mas Menteri mengaku, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata, pihaknya saat ini menggandeng  Astra yang  fokus terhadap pembinaan masyarakat wisata. 


"Astra ini tidak mengikut siklus politik, tidak ada Pilkada, tidak ada resufel. Ia (astra) akan terus membina masyarakat, karena kepentingannya bagaimana ini menjadi kampung berseri, Astra dan desa sejahtera. Astra, jadi kami merangkul mereka. Saya tidak tahu, apa minggu depan, dua minggu lagi saya tidak menjabat lagi, saya tidak ingin desa pariwisata Pariangan ini tidak berkelanjutan, tidak berkualitas," ungkap menteri. 


Harapannya, kata Mas Menteri, Nagari Pariangan nantinya telah masuk 16 most pinterest village in the world. Selain itu, pihaknya juga ingin mengukur jika pariwisata selama ini telah berdampak tehadap ekonomi masyarakat yang semakin meningkat. 


"Kalau  gubernur tadi bilang, Thailand jauh diatas 4,4% dengan target kita. Jadi, kita ingin mengandakan ke-8% kontribusinya, ditambah ekonomi kreatif 12%. Total 20% dari parekraf ini. Sehingga, akhirnya nanti parekraf bukan hanya sektor ikutan, tapi menjadi sektor utama penciptaan lapangan kerja di Indonesia. Tentunya, dapat meningkatkan ekonomi kita menuju Indonesia  bangkit," tutup Sandiaga. 


Diakhir sambutan, Sandiaga mengatakan  dengan terpilihnya Nagari Paiangan sebagai 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, dapat menjadi berkah bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Tanah Datar. 


Di kesempatan yang sama, Gubernur Mahyeldi berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa selalu menjaga desa atau nagari yang menjadi tujuan wisata, terutama tentang keramahtamahan masyarakatnya, kebersihan dan kekompakan. 


"Insya Allah, tahun 2023, kita bersama kementrian  dan kabupaten telah menyiapkan orang untuk berkunjung ke Pariangan," kata Mahyeldi. 


Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian menyampaikan ucap syukurnya dimana Tanah Datar, khususnya Nagari Pariangan memperoleh penghargaan 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia. 


"Semoga ini menjadi tonggak pariwasata, majunya Nagari Tuo Pariangan dan Tanah Datar ke depannya. Jika kita bersama, basamo mako manjadi, InsyaAllah," tutup Richi Aprian. 


Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi 'Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat'. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update