Notification

×

Iklan

Membangun Nagari, Kuatkan Fungsi Pemangku Adat

Selasa, 05 Juli 2022 | 06:00 WIB Last Updated 2022-07-05T02:52:31Z

Gubernur Mahyeldi pada acara peningkatan kapasitas lembaga adat angkatan VII Tahun 2022.


Padang, Rakyatterkini.com  -  Peran pemangku adat di nagari sangat berpengaruh terhadap pelestarian nilai-nilai adat budaya salingka nagari. 


Oleh karena itu, semangat membangun nagari harus didukung dengan penguatan-penguatan para pemangku adat dalam rangka penguatan peran dan fungsi adat di magari.


Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, saat membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat Angkatan VII Tahun 2022, yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dengan tema “Kita Kuatkan Fungsi Lembaga dan Organisasi Adat dalam Membangun Nagari” di Grand Rocky Hotel, Padang, Senin (4/7/2022).


Kepada pemangku adat nagari yang mengikuti kegiatan tersebut, gubernur menghimbau untuk memperkuat falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah yang menjadi dasar kehidupan masyarakat di sumbar. 


Menurutnya dengan memiliki pondasi yang kuat, maka pengembangan potensi diri untuk menjadi seorang pemimpin akan lebih mudah saat memasuki pendidikan formal belajar berorganisasi.


Gubernur juga berharap nagari dapat menghadirkan tokoh-tokoh dan budayawan, karena sejak dahulu sumbar terkenal akan banyaknya tokoh-tokoh pahlawan nasional  yang lahir di sumbar. 


Oleh karena itu gubernur berpesan mempertahankan surau untuk mendidik generasi mudanya agar bisa menjadi pemimpin masa mendatang. Ia juga mengatakan bahwa keberadaan surau saat ini perannya mulai tergantikan oleh pendidikan formal. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update