Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kick Off Perbaikan Prasarana dan Sarana Kereta Api Jalur Sawahlunto - Muaro Kalaban

Jumat, 01 Juli 2022 | 15:47 WIB Last Updated 2022-07-04T01:22:28Z

Foto bersama usai Kick Off Perbaikan Prasarana dan Sarana Jalur Kereta Api Sawahlunto - Muaro Kalaban. (Ris1)
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.Com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan kembali mengoperasikan jalur kereta api lintas Sawahlunto - Muoro Kalaban, Sumatera Barat. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, menginisiasi reaktivasi atau beroperasinya kembali jalur kereta lintas tersebut.


Demikian dikemukakan Direktur Utama PT. KAI Didiek Hartantyo, saat Kick Off Perbaikan Prasarana dan Sarana Perkeretaapian Dalam Rangka Mendukung Pengoperasian Kembali Kereta Api Jalur Sawahlunto - Muaro Kalaban, Jumat 1 Juli 2022 di Stasiun Kereta Api Kampung Teleng, Sawahlunto.


Jalur sepanjang empat kilometer tersebut, nantinya melayani kereta wisata yang akan ditarik Lokomotif Uap E1060 atau lebih dikenal dengan sebutan 'Mak Itam'. Lokomotif Uap Legendaris yang dibawa pulang kembali ke Sawahlunto  dari Amabarawa, Produksi Jerman tahun 1965.


Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, pekerjaan pengoperasian kembali jalur ini, bakal memakan waktu enam bulan dengan anggaran senilai Rp20 miliar. Jika pekerjaan mulai awal Juli, diharapkan akhir Desember 2022 jalur kereta api itu bisa dioperasikan.


Adapun sumber dana pekerjaan tersebut berasal dari patungan empat BUMN yaitu, PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan PT.KAI (Persero).


"Sekarang kami sudah inisiatif untuk pekerjaan 'Mak Itam'. Kita sudah ada progres 15 persen. Jadi, harapan kami pemulihan 'Mak Itam' ini bisa lebih cepat. Sehingga, Insya Allah, paling lambat Januari 2023, kita bisa melakukan sesuatu di sini, dalam rangka untuk pengoperasian KA lintas Sawahlunto - Muaro Kalaban," ujar Didiek.


Deputy Bidang SDM dan TI Kementrian BUMN, Tedy Barata yang mewakili Menteri BUMN Erick Tohir mengungkapkan, reaktivasi kembali jalur kereta api Sawahlunto - Muaro Kalaban ini, diawali dengan kedatangan Walikota Sawahlunto, Deri Asta bersama Walikota dan Bupati lainnya menemui Dirut PT,KAI membawa aspirasi masyarakat Sumbar umumnya, dan sawahlunto khususnya untuk mengaktifkan kembali jalur kereta api dari sawahlunto sampai ke Padang.


Didampingi Anggota DPR RI, Andre Rosiade rombongan walikota/bupati dan Dirut PT.KAI menemui Menteri BUMN Erick Tohir, yang disambut baik dan mengapresiasi aspirasi masyarakat Sumbar, mengaktivkan kembali jalur kereta api di provinsi ini, khususnya sawahlunto.


"Pengaktivan kembali jalur tersebut juga merupakan bagian dari arahan Menteri BUMN Erick Thohir, untuk membangkitkan kembali pariwisata di Sumatra Barat, khususnya Sawahlunto yang merupakan Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang ditetapkan UNESCO debagai warisa dunia baru," ujarnya.


Andre Rosiade yang hadir saat Kick Off mengungkapkan, sebagai Anggota DPRI RI Dapil I Sumbar, akan terus menggalang kolaborasi dengan semua kalangan dan lembaga yang ada, untuk mewujudkan aspirasi masyarakat ranah ini.


"Kuncinya adalah kolaborasi, kerjasama semua pihak, kita tidak bisa melakukan pembangunan, menjalankan progaram apapun secara sendirian. Sebagai "Urang Sumando" Sawahlunto, saya akan terus mendampingi dan memfasilitasi program-program pembangunan yang bisa membangkitkan kembali perekonomian masyarakat pasca pandemi covid-19." ungkap Andre.


Sekdako Sawahlunto, Ambun Kadri yang mewakili Walikota Deri Asta yang saat ini, sedang mengikuti program Kementrian Lingkungan Hidup di Denmark mengungkapkan, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Sawahlunto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak atas direalisasikannya reaktivasi kembali jalur kereta api Sawahlunto - Muaro Kalaban itu. 


"Tahun depan, kita berharap Kementerian BUMN bisa memfasilitasi anggaran untuk reaktivasi jalur kereta api dari Muaro Kalaban - Silungkang," tutup Ambun Kadri. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update