Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Pasaman Barat Terima Penghargaan Batas Desa Award 2022

Jumat, 01 Juli 2022 | 16:48 WIB Last Updated 2022-07-04T01:21:15Z

Bupati Hamsuardi terima penghargaan batas desa award 2022 di Jakarta.
 

Jakarta, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat menerima penghargaan “Batas Desa Award” sebagai kabupaten yang telah menyelesaikan penetapan dan penegasan batas administrasi desa 100%.


Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi saat menghadiri rapat koordinasi nasional percepatan penyelesaian batas administrasi desa tahun 2022. Rapat tersebut juga dihadiri Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, Ketua Komisi II DPR RI,  Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Badan Informasi Geospasial, Kementerian Desa, dan gubernur se-Indonesia itu dilaksanakan di Hotel Discovery Ancol, Rabu (29/6/2022). 


Batas Desa Award merupakan penghargaan bagi pemerintah daerah yang telah menyelesaikan penetapan dan penegasan batas desa dengan peraturan bupati/ walikota sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 45 Tahun 2016, tentang penetapan dan penegasan batas desa. Penghargan tersebut juga diberikan kepada 5 kabupaten lainnya.


Dalam sambutannya, Wakil Menteri Dalam Negeri (wamendagri) John Wempi Wetipo menyampaikan, baru 6 kabupaten di Indonesia yang telah selesai menetapkan batas desanya hingga 100% sampai dengan peraturan bupati (Perbup). Secara nasional sesuai Peraturan Presiden (perpres) No. 23 tahun 2021 tentang kebijakan nasional 1 peta, baru 2 % desa di Indonesia yang telah selesai batas desanya. 


"Untuk itu, agar kabupaten/kota di Indonesia lebih serius menyelesaikan batas desanya. Agar tahun 2023 batas desa se-Indonesia telah disahkan dengan peraturan bupati atau peraturan walikota," tutur Wamendagri.


Batas desa adalah batas wilayah administrasi pemerintahan, yang bertujuan untuk batas pelayanan pemerintah serta sebagai penanda wilayah kerja suatu pemerintahan. Batas administrasi desa juga merupakan syarat mutlak dalam proses penataan nagari yang saat ini, masih menunggu persetujuan menteri dalam negeri (Mendagri).


Sementara itu, Bupati Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Pasbar, yang telah ikut membantu dan berperan aktif dalam mendukung penyelesaian batas wilayah administrasi pemerintahan nagari di Kabupaten Pasaman Barat. Sehingga, tujuan akhir untuk penataan dan pemekaran pemerintahan nagari bisa segera terwujud. (Robi)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update