Notification

×

Iklan

Galugua Darurat Sanitasi, Pemprov Sumbar Berikan Paket Pembuatan WC Bersih

Selasa, 12 Juli 2022 | 08:24 WIB Last Updated 2022-07-12T01:24:00Z

Gubernur Mahyeldi saat kunjungan kerja ke Galugua.

Limapuluh Kota, Rakyatterkini.com - Masalah kebersihan menjadi perhatian serius oleh Pemprov Sumbar, pada masyarakat Nagari Galugua. Kurangnya MCK di tiap-tiap rumah warga, menjadi perhatian gubernur. 


Nagari Galugua tersebut terdapat banyak sungai-sungai, yang menandakan banyaknya sumber air di Nagari paling ujung Kabupaten Limapuluh Kota ini, namun disayangkan banyak dari rumah keluarga banyak yang tidak mendapatkan akses atau fasilitas MCK yang layak. 


"Bahkan ada di satu rumah tinggal tiga kepala keluarga, yang di dalam rumah tersebut hanya tersedia dua bilik kamar, dan tidak punya toilet," ujar gubernur, disela kunjungan di Nagari Galugua, Senin (12/7/2022).


Mahyeldi juga mengatakan, dalam rangka untuk meningkatkan kesehatan warga perlu dukungan dari pemerintah daerah setempat dalam rangka menyiapkan air bersih ke rumah-rumah warga.


Menurutnya, sanitasi penting untuk menciptakan hidup yang sehat. Sanitasi yang buruk menjadi sumber penyebab berbagai penyakit. Oleh sebab itu kesehatan di lingkungan masyarakat itu penting yang mana sampah harus dikelola dengan baik dan begitupun air limbah maupun air bersih.


Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar atas bantuan sepuluh paket pembuatan MCK untuk Nagari Galugua. Harapannya hal tersebut dapat mengedukasi masyarakat agar selalu menjaga dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, sehingga akan berdampak juga bagi kebersihan dan kesehatan di lingkungan masyarakat.


Adapun bantuan untuk pembuatan WC tersebut diserahkan secara simbolis dari Perwakilan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Wilayah Sumbar kepada Gubernur Mahyeldi, selanjutnya gubernur menyerahkan langsung kepada masyarakat. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update