Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

FOME, IPE dan KA FK Unand Gelar Pengabdian Masyarakat di Pauh, Padang

Jumat, 01 Juli 2022 | 07:55 WIB Last Updated 2022-07-01T01:03:52Z

Pengabdian masyarakat di Limau Manis, Pauh, Padang.

Padang, Rakyatterkini.com  -  272 mahasiswa dan instruktur mata kuliah Family Oriented Medicine Education (FOME), Interprofesional Education (IPE), dan Karakter Andalasian (KA) Lapangan program studi S1 Kedokteran dan S1 Kebidanan angkatan 2020 lakukan pengabdian masyarakat, di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Padang. 


Rangkaian kegiatan yakni, penyuluhan, pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran body mass index (BMI) dan pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol, serta adanya sirkumsisi (sunat) massal. 


Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran, Ketua FOME, IPE dan KA Lapangan, para instruktur, ibu-ibu kader, camat dan lurah, serta masyarakat Limau Manis, Kecamatan Pauh.


Ketua Pelaksana Expo FOME, IPE dan KA Lapangan, Aldina Ayunda Insani,Bd, M.Keb, dan ketua Pengabdian Masyarakat Dr. Hasmiwati, M.Kes, menuturkan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rangka penutupan kegiatan mata kuliah FOME yang dilaksanakan pada semester 4. 


Tujuan kegiatan ini dilakukan adalah untuk mengaplikasikan ilmu dasar yang telah dimiliki mahasiswa, dan mempererat silaturahmi antara dosen, dan mahasiswa Universitas Andalas dengan masyarakat Limau Manis, Kecamatan Pauh.


"Kegiatan diselenggarakan pada Sabtu 25 Juni 2022 di Masjid Al-Wathan, Limau Manis, Pauh, Padang. “Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Dimana kita menanam pohon, di sanalah kita mengambil buahnya." 


Foto bersama.

Manfaat kegiatan dapat dirasakan instruktur, mahasiswa dan masyarakat terkait kesehatan, ucap Dr. dr Afriwardi, Sp.KO, MA, dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sekaligus membuka acara pengabdian masyarakat.


dr. Ida Rahmah Burhan, MARS selaku ketua FOME, IPE dan KA Lapangan juga menyatakan ini merupakan kegiatan tahun ke-2 untuk FOME yang diselenggarakan secara IPE antara Prodi S1 Kedokteran dan S1 Kebidanan FK Unand. 


Tahun sebelumnya, dikarenakan Corona, maka kegiatan dilakukan secara online, dan untuk saat ini antusiasme dari mayarakat dapat kita rasakan bersama. 


Tingginya minat masyarakat dalam menyukseskan kegiatan dapat dilihat dari cukup banyaknya masyarakat yang aktif dalam setiap rangkaian kegiatan yang ada.


Penyuluhan kesehatan terkait Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dipandu oleh Abdiana, SKM, M.Epid (salah satu instruktur) mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. 


Minat masyarakat yang ingin tahu terkait kesehatan tersebut tampak melalui banyaknya masyarakat yang berdiskusi dan bertanya terkait kesehatan. 


Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik lengkap yang dilakukan oleh mahasiswa S1 Kedokteran, S1 Kebidanan, serta instruktur berupa anamnesa, pemeriksaan antropometri, tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol dan di tempat yang sama juga digelar sirkumsisi (sunat) masal oleh tim PPDQ, mahasiswa dan instruktur. 


Salah satu kader menyatakan bersyukur sekali dengan adanya sunatan massal apalagi bertepatan dengan hari libur sekolah. (rel/gp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update