Notification

×

Iklan

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Optimis Reaktifasi Jalur KA Sawahlunto - Muaro Kalaban Tuntas Lebih Cepat

Minggu, 31 Juli 2022 | 23:35 WIB Last Updated 2022-08-01T02:32:04Z

"Mak Itam" Lokomotif Uap Pertama di Indonesia yang jadi legenda, kini hidup kembali.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, mendampingi Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri untuk meninjau kondisi terkini (eksisting) jalur rel kereta api dari Stasiun Sawahlunto menuju Stasiun Muaro Kalaban, Sabtu 30 Juli 2022.


Saat ini, pekerjaan reaktifasi jalur dan sarana prasarana perkeretaapian di Sawahlunto sedang dilaksanakan, begitu pun untuk lokomotif uap E 1060 'Mak Itam' yang akan menarik gerbong kereta wisata juga sudah hampir selesai perbaikannya.


"Kita optimis, Desember 2022 "Mak Itam" bisa keluar kandang menjajal jalur KA yang sedang kita perbaiki ini," ungkap Zulkifli.


Wawako Zohirin Sayuti menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada pihak Kementerian Perhubungan maupun PT. KAI yang melaksanakan proses reaktifasi perkeretaapian di Sawahlunto itu.


"Hidupnya kembali kereta api di Sawahlunto sudah lama kami tunggu-tunggu, tidak bosan pula kami mengajukannya pada Kemenhub dan PT KAI. Alhamdulillah sekarang cita-cita 'Mak Itam' hidup kembali itu sebentar lagi terwujud," kata Wawako Zohirin Sayuti. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update