Notification

×

Iklan

Dinas Kominfo Gelar Bimbingan Teknis Pengelola Website OPD se-Kabupaten Asahan

Selasa, 05 Juli 2022 | 19:32 WIB Last Updated 2022-07-05T13:04:53Z

Bupati diwakili Asisten Ekbang, Drs. Muhilli Lubis membuka bimbingan teknis pengelola website OPD se-Kabupaten Asahan.
 

Asahan, Rakyatterkini.com - Bupati Asahan diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab, Drs. Muhilli Lubis, membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis pengelola website OPD se-Kabupaten Asahan tahun 2022, di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (5/7/2022).


Hadir dalam acara pembukaan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Syamsuddin, SH. MM., narasumber dari STMIK Royal, Dosen Tetap Prodi Sistem Komputer, Sahren, M.Kom., dan Nasrun Marpaung, M.Kom., serta para peserta bimbingan teknis.


Bupati Asahan dalam arahannya mengemukakan, saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sangat pesat dan telah banyak memberikan perubahan dan kemudahan dalam kehidupan manusia. Terlebih lagi, dalam mendapatkan informasi dan komunikasi dapat dilakukan dimanapun, tanpa dibatasi oleh   tempat dan waktu.  


Sehingga informasi  dapat diperoleh  dengan cepat  dan mudah dengan  kata  lain, sudah  berada di  era  digital dimana semua kegiatan yang mendukung   kehidupan dipermudah dengan adanya teknologi ini.


“Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah juga berpartisipasi dalam mempergunakan teknologi ini, yang salah satunya adalah pembuatan website pemerintah daerah. Website atau situs web pemerintah daerah merupakan salah satu media informasi antara pemerintah daerah kepada masyarakat  Sehingga, masyarakat lebih mudah memperoleh akses terhadap informasi dan layanan pemerintah daerah,” tegas Muhilli.


Sejak tahun 2017 lalu, Pemkab Asahan sudah memiliki website resmi, dilanjutkan dengan pembuatan website OPD pada tahun 2018. Namun, kondisi saat ini, website OPD belum optimal dimanfaatkan, yang kemungkinan disebabkan kurangnya memahami untuk keperluan apa website tersebut dibuat dan bagaimana cara melakukan  pemantauan website (penggunaan dan penampilan serta pemutakhiran informasi pada situs website).


“Nah, lewat kegiatan bimbingan teknis pengelola website OPD se-Kabupaten Asahan tahun 2022 ini, pemerintahan kabupaten berharap agar seluruh peserta dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh. Agar dapat mengaplikasikannya di OPD masing-masing,” lanjut Muhilli.


Dalam laporannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Syamsuddin, menyampaikan bahwa latar belakang pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis ini, dimaksud untuk meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah    daerah dalam mengelola website daerah. 


Adapun tujuannya adalah agar peserta memiliki keahlian dan kemampuan dalam mengelola situs websitenya secara menarik, berkualitas,  kreatif dan inovatif.


“Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari, dan peserta kegiatan ini berjumlah 70 orang yang terdiri dari perwakilan dari setiap OPD dan kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan,” tegas Syamsuddin.


Sementara itu, salah satu narasumber dalam bimbingan teknis ini, Nasrun Marpaung, M.Kom., menyampaikan bahwa Website adalah sebuah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. 


Website-website yang dikembangkan ini digunakan untuk berbagai jenis fitur dan layanan, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pada instansi atau lembaga yang membuat website tersebut. Website-website ini dapat dikembangkan oleh siapa saja yang memiliki kemampuan dalam hal pemrograman web, baik dikembangkan secara perorangan ataupun kelompok maupun lembaga-lembaga tertentu. (EKA)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update