Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dana Desa Dimanfaatkan Membangun Jalan, Warga Dua Nagari di Kecamatan Sutera Senang

Selasa, 19 Juli 2022 | 13:19 WIB Last Updated 2022-07-19T09:50:46Z

Dana desa dimanfaatkan untuk pembangunan jalan di dua nagari di Kecamatan Sutera, Pessel.
 

Painan, Rakyatterkini.com – Walinagari Rawang Gunung Malelo Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Aprizal mengemukakan, bakal memaksimalkan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022 untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat di nagari itu.


"Kita akan maksimalkan penggunaan angaran tersebut," ucap Walinagari Aprizal kepada Rakyatterkini.com, Selasa (19/7/2022). Disebutkan, masyarakat atau kelompok tani, akan lebih leluasa bila akses jalan dibangun. Apalagi, dengan adanya sarana penghubung tersebut, tentu bisa terbantu untuk memasarkan hasil pertanian yang ada di nagari itu.


"Untuk itu, saya sangat mendukung sekali dengan adanya Perpres 104. Karena, tujuannya baik, dimana kita dapat mengoptimalkan dana desa untuk membantu masyarakat kita," tuturnya lagi.


Hal senada juga dikatakan Peren (50),  salah seorang warga. Katanya, sangat berterima kasih kepada pihak nagari yang telah menganggarkan guna peningkatan jalan di kampung tersebut. Karena, dengan adanya jalan, otomatis sangat membantu warga untuk menempuh ke lahan pertanian. 


"Walau pun ini masih masa sulit," terangnya.


Dia menyebutkan, peningkatan jalan Embung Mato Kucing dianggarkan sebesar Rp50 juta. Selain itu, juga untuk Jalan Baru Ampa Hitam Sialang dianggarkan senilai Rp35 juta. Jalan tersebut, sudah selesai dibangun.


Kemudian, peningkatan jalan Bulu Jala dan Bukit Indah Berbunga di Kampung Rawang Gunung Malelo, menelan dana sekitar Rp35 juta, ini masih dalam tahap pengerjaan. 


"Insya Allah bulan ini selesai," papar Peren lagi.


Dijelaskan, ratusan juta rupiah bisa digunakan untuk meningkatkan akses jalan menuju perkebunan masyarakat dua kampung, yaitu Rawang dan Gunung Malelo. 


"Jadi, dana desa yang ada disusun untuk program pembangunan masyarakat. Tidak hanya soal pembangunan infrastruktur, juga membangun ekonomi dan sumber daya manusia masyarakat untuk dapat lebih maju dan sejahtera," bebernya.


Ketika hal itu dikonfirmasikan kepada Camat Sutera, Salman Alfarisi Brutu menyebutkan, terkait pembangunan peningkatan akses jalan pertanian sangat baik. Camat juga mendorong para walinagari se-Kecamatan Sutera, untuk mencari link dan hubungan baik ke anggota dewan, baik dari kabupaten, provinsi maupun DPR-RI.


"Supaya bisa menyalurkan dana untuk pembangunan di nagari," pintanya. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update