Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bawaslu Sawahlunto Kerjasama Sejumlah Instansi Guna Edukasi Pemilih Pemula Awasi Pemilu

Rabu, 13 Juli 2022 | 23:46 WIB Last Updated 2022-07-13T16:46:56Z

Ketua Bawaslu Sawahlunto Dwi Murini.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sawahlunto, melakukan kerjasama dengan Kwarcab Pramuka, Kementerian Agama, Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto, Rabu 13 Juli 2022 di Perpustakaan M. Yamin Talawi. 


Ketua Bawaslu Kota Sawahlunto, Dwi Murini mengatakan, kerjasama ini dalam rangka memberikan sosialisasi dan edukasi pengawasan Pemilu kepada pemilih pemula.


"Instansi-instansi ini yaitu Kemenag, Kwarcab Pramuka, Dinas Pendidikan kemudian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan itu, berhubungan/mengelola pelajar yang termasuk dalam pemilih pemula. Karena itu, kerjasama yang kita mulai sekarang dengan penandatanganan nota kesepahaman ini, diharapkan menjadi upaya menjangkau pemilih pemula tersebut," kata Dwi Murini. 


Dwi mengatakan, pengawasan Pemilu menjadi hak dari setiap warga negara, termasuk pemilih pemula. Sehingga, sejak awal harus didekati agar mereka memiliki pemahaman yang baik dan benar tentang aturan-aturan yang berlaku dalam Pemilu.


Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sawahlunto yang juga Wakil Walikota Zohirin Sayuti mengapresiasi, kerjasama itu dan menyebut Kwarcab siap melaksanakan kesepakatan-kesepakatan dalam nota kesepahaman tersebut.


"Namun, sebelum ini dimulai kami meminta Bawaslu supaya memberikan pemahaman kepada anggota Kwarcab tentang poin-poin apa saja yang bisa/boleh dilakukan, sampai dimana batasannya. Sehingga, nanti tidak terjadi kesalahpahaman dalam pelaksanaan di lapangan," kata Ketua Kwarcab Zohirin Sayuti.


Ketua Kwarcab Sawahlunto Zohirin Sayuti menyebut peran Pramuka dalam hal ini adalah mendukung pendidikan pengawasan Pemilu bagi pemilih pemula, bukan terlibat dalam politik praktis.


"Jadi, Pramuka tetap independen dan tidak terlibat atau terafiliasi dengan partai politik. Melainkan mendukung terciptanya pendidikan pengawasan Pemilu bagi pemilih pemula. Karena itu bagian dari hak sebagai warga negara," ucapnya.


Penandatanganan nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Ketua Bawaslu Sawahlunto Dwi Murini bersama Ketua Kwarcab Pramuka Sawahlunto Zohirin Sayuti, perwakilan Kemenag Sawahlunto Zulfahmi, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Tri Widoyono dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Halomoan.  (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update