Notification

×

Iklan

Tanah Datar Berhasil Meraih Predikat Kabupaten Layak Anak

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:33 WIB Last Updated 2022-06-14T04:32:55Z

Wabup buka Rakor lintas sektor terkait penanganan serta pencegahan kekerasan perempuan dan anak.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Keberhasilan Kabupaten Tanah Datar meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) 4 kali berturut-turut, kategori madya harus menjadi tolok ukur bagi seluruh jajaran pemerintahan untuk meningkatkan prestasi yang lebih tinggi, guna mewujudkan nagari, kecamatan dan kabupaten layak anak. 


Demikian ditegaskan Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, saat membuka rapat koordinasi (Rakor) lintas sektor terkait penanganan serta pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di aula kantor bupati, Pagaruyung, Senin (13/6/2022). 


“Selain ketegori madya, ada kategori lanjutan yakni nindya dan utama. Namun, bukan sesuatu yang mustahil dapat diraih. Untuk itu, jalin terus  sinergitas antara nagari hingga kecamatan dalam menangani serta mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak. Tahun ini, capaian Tanah Datar harus lebih baik lagi. Dan, ini menjadi PR kita semua,” ujar Wabup Richi. 


Ia berharap seluruh stakeholder berupaya membentuk forum anak yang merupakan wadah untuk memenuhi hak partisipasi anak. Forum anak merupakan salah satu mata rantai kegiatan besar untuk mewujudkan kesejahteraan dan perlindungan anak dalam bentuk fasilitasi bagi anak-anak di nagari, kecamatan hingga kabupaten. 


Wabup Richi menambahkan perilaku menyimpang dilakukan anak, bisa disebabkan berbagai faktor. Yang harus disikapi secara bijak, dengan mengedepankan penyelesaian secara restorative justice. 


“Ketika menghadapi kasus penyimpangan sosial yang dilakukan oleh anak, maka ke depankan komunikasi, sikapi dengan bijak. Semoga apa yang terus diupayakan, menjadikan Kabupaten Tanah Datar layak anak,” ujar Wabup Richi. 


Kepala Dinas P3AP2KB provinsi Sumatera Barat diwakili Kabid Pemenuhan Hak Anak, Dra. Sumarni, M.Pd., berharap di tahun 2023 seluruh nagari dan kecamatan di Tanah Datar, telah menjadi nagari layak anak (Nalana) dan kecamatan layak anak (Kelana) untuk mendukung terwujudnya Indonesia Layak Anak (Idola). 


“Melalui rakor ini  memberikan motivasi bagi seluruh stakeholder untuk mewujudkan KLA di Tanah Datar. Untuk itu,  dibutuhkan kerja aktif semua pihak,” ujar Sumarni lagi. 


Kepala Dinas Sosial PPPA Tanah Datar, Afrizon, S.Ag., mengatakan tujuan Rako untuk meningkatkan sinergitas seluruh OPD, kecamatan dan nagari dalam penanganan serta pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. 


“Kita harap peserta dapat memahami tentang pemenuhan hak dan perlindungan anak. Rakor juga menghadirkan nara sumber yang berkompeten di bidangnya, dan yang didapat segera disosialisasikan di lingkungan kerja masing-masing,” ujar Afrizon. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update