Notification

×

Iklan

Solok Selatan Bangun Perpustakaan Senilai Rp10,39 Miliar

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:50 WIB Last Updated 2022-06-28T07:50:15Z

ASN sedang di ruangan perpustakaan.

Solok Selatan, Rakyatterkini.com  -  Perpustakaan representatif senilai Rp10,29 miliar segera dibangun di Kabupaten Solok Selatan, di Jorong Rimbo Tangah, Nagaru Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir.


Pelaksana Harian (Plh) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Solok Selatan, Defrianti menyebutkan, untuk tender pengawasan pembangunan gedung perpustakaan bertingkat tersebut sudah terkontrak Rp249.355.950 dengan CV Inti Karya Tigamitra.


Namun pelaksanaan tender fisik bangunan senilai Rp10,29 miliar ini sedang dalam proses di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).


"Mudahan saja di akhir Juni 2022 ini sudah selesai proses tendernya, dan di Juli sudah terkontrak," harap Plh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Solok Selatan, Defrianti, Selasa (28/6/2022).


Dia menjelaskan, saat ini tim Panitia Pelaksana Kegiatan (PPK) dan Kelompok Kerja (pokja) sedang klarifikasi dukungan ke Padang dan ke Medan terkait teknis pelaksanaan gedung perpustakaan representatif itu.


Untuk lokasi katanya sudah aman untuk pembangunan, ganti ruginya tidak ada permasalahan dan dalam waktu dekat pemilik bangunan akan pindah dilokasi rencana pembanguna  gedung perpustakaan representatif itu.


"Awalnya akan dibangun di pusat perkantoran depan kantor Dinas Perpustakaan, namun akhirnya dipindah lokasinya di Jorong Rimbo Tangah, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir.


Saat ini lanjut Defrianti, pihaknya sedang menunggu surat persetujuan pindah lokasi secara tertulis dari Bappenas, sebab berdasarkan surat pemberitahuan Bappenas pelaksanaan tender harus sesuai dengan Rencana Kegiatan (RK) awal. 


"Kita pun sudah dua kali menyurati Bappenas dan menunggu persetujuan secara tertulis. Pemkab Solsel juga di dedlime waktu oleh Bappenas hingga 21 Juli 2022 kegiatan pembangunan gedung pustakan ini harus terkontrak," terangnya.


Dia berharap mudahan saja segera terkontrak, setidak Agustus sudah dimulai kegiatan fisik dilapangan mengingat cuaca sudah mulai musim penghujan.


Tentu saja perusahaan pemenang tender nantinya betul-betul yang memiliki perlengkapan, punya dana dan gesit dalam proses percepatan pembangunan.


Perpustakaan tersebut dibangun dua tingkat, dalam memotivasi menarik minat baca masyarakat, pelajar PAUD, TK, SD, SMP sederjat, SMA sederajat dan mahasiswa.


"Gedung ini di dalamnya ada ruang pustaka, ruang baca, aula, ruangan pemutaran film, ruangan pertemuan dan taman," paparnya. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update