Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Serentak Pelayanan KB Gratis di Bumi Pasbar, Semarak Harganas ke-29

Rabu, 15 Juni 2022 | 23:02 WIB Last Updated 2022-06-15T16:02:38Z

Serentak Pelayanan KB Gratis di Bumi Pasbar, Semarak Harganas ke-29
 

Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Rabu (25/6/2022) gelar palayanan KB gratis sejuta akseptor secara serentak di setiap fasilitas kesehatan Puskesmas yang ada. 


Pelayanan KB gratis dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022.


"Pelayanan KB gratis sejuta akseptor merupakan salah satu rangkaian puncak Harganas ke-29 tahun 2022. Jadi, pelayanan KB hari ini dilaksanakan secara serentak di seluruh fasilitas layanan kesehatan di Pasbar," tutur Kepala DPPKP3A Pasbar, dr. Anna Rahmadia di Simpang Empat.


Dikatakan, pelayanan KB gratis yang dilakukan meliputi pelayanan KB baru seperti Intrauterine Device (IUD), implan, tubektomi/MOW, vasektomi/MOP, KB suntik, kondom, pil KB dan pelayanan KB ulang. 


"Kepada seluruh akseptor KB atau Pasangan Usia Subur (PUS) agar mendaftarkan diri sebagai peserta kepada kader atau penyuluh KB dengan memberikan fotokopi KTP," sebut Anna.


Ditambahkan, pelayanan KB gratis menargetkan capaian 400 akseptor untuk seluruh wilayah. Secara teknis pelaksanaan dilakukan dengan melibatkan tenaga kesehatan (bidan) dari Puskesmas dan petugas KB yang ada di seluruh kecamatan.


"Melalui kegiatan ini, saya harap lintas sektor terkait dapat menyinergikan gerak dan langkah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, sehingga akan tercipta keluarga yang berkualitas di Pasbar," harapnya.


Di samping itu, pelayanan KB serentak juga diharapkan dapat meningkatkan peserta KB aktif. Karena, kegiatan yang dilakukan menjangkau seluruh wilayah di Pasbar.


"Pelayanan KB yang dua tahun belakangan sempat terkendala oleh pandemi covid-19, hari ini kita harapkan dapat terlaksana dengan lancar. Kegiatan juga telah kita sosialisasikan sejak lama, sehingga dapat meningkatkan peserta aktif KB secara menyeluruh di setiap wilayah," tuturnya.


Sementara Kepala Puskesmas Paraman Ampalu Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh Ampalu, yang ikut terlinat langsung dalam kegiatan menyampaikan bahwa pelaksanaan pelayanan KB di wilayahnya berjalan dengan lancar sesuai harapan.


"Alhamdulillah, pelayanan yang dilaksanakan berjalan lancar, saat pelaksanaan tadi kami juga dikunjungi oleh kepala bidang dari DPPKBP3A Pasbar yang datang meninjau," terangya mengakhiri.(Robi)






IKLAN



×
Berita Terbaru Update