Notification

×

Iklan

Inspektorat Riksus Beberapa Desa di Kuansing, 2 Sudah Rampung

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:50 WIB Last Updated 2022-06-29T16:18:02Z

Plt Inspektur Inspektorat Kuansing, Darwin.

 

Kuansing, Rakyatterkini.com - Beberapa Desa di Kuansing, saat ini dalam proses perampungan pemeriksaan khusus (Riksus) oleh Inspektorat setempat. Itu berdasarkan laporan dan permintaan yang diterima terkait masalah, terutama soal adanya dugaan penyalahgunaan dana desa.


Plt Inspektur Inspektorat Kuansing, Darwin mengungkapkan bahwa pengaduan dan permintaan Riksus ditindaklanjuti pihaknya, dengan melakukan pemeriksaan khusus. Ketika ada ditemukan penyalahgunaan, maka Inspektorat mengeluarkan rekomendasi dari hasil pemeriksaan tersebut.


"Ada beberapa desa yang kita Riksus, yakni desa Beringin Jaya, Sitorajo dan Desa Dusun Tuo. Kalau untuk Desa Beringin Jaya dan Dusun Tuo itu permintaan Riksus dari Polres. Dan Sitorajo laporan dari pihak Kecamatan setempat," ujar Darwin saat dikonfirmasikan Rakyatterkini.com, Rabu (29/6/2022).


Ia menambahkan, dari tiga desa yang dilakukan Riksus itu, sebagian telah diselesaikan laporan hasil pemeriksaan (LHP). Yaitu Desa Dusun Tuo, Kecamatan Kuantan Hilir dan Desa Sitorajo, Kecamatan Kuantan Tengah. Sedangkan Desa Beringin Jaya, Kecamatan Singingi Hilir, masih berproses dan hampir rampung.


"Jadi, ada beberapa Riksus permintaan dari APH (aparat penegak hukum) sudah rampung dan kita terbitkan rekomendasi LHP-nya. Itu menjadi kewenangan APH menindaklanjuti apakah lanjut ke proses hukum, karena kami Inspektorat hanya fokus pada Tupoksi auditnya dengan independen dan obyektif," kata Darwin mengakhiri. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update