Notification

×

Iklan

Gubernur Mahyeldi Imbau Hidupkan Potensi Pertanian di Ponpes Darul Ulum

Selasa, 14 Juni 2022 | 22:29 WIB Last Updated 2022-06-15T00:21:04Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi di sela-sela peletakan batu pertama Ponpes Darul Ulum.
 

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi mengajak segenap pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, di Jalan Pintu Angin Lori, Kelurahan Lubuk Minturun, Kota Padang, untuk mengoptimalkan potensi pertanian di lahan Ponpes seluas kurang lebih dua hektare itu.


Potensi yang bisa dikembangkan diantaranya menurut Mahyeldi, adalah perikanan. Ini mengingat sumber air sangat melimpah di kawasan kaki bukit di bagian Timur Kota Padang tersebut.


"Maksimalkan potensi lahan yang luas dan kondisi alam yang banyak air di sini. Bisa dikembangkan untuk peternakan ikan dan tanam-tanaman produktif. Sehingga, akan menjadi bagian dari kemandirian ekonomi pondok pesantren," imbau gubernur saat mengunjungi Ponpes Darul Ulum dalan rangka peletakan batu pertama gedung belajar, Selasa (14/6/2022).


"Tempat ini sangat representatif dan cocok untuk pendidikan. Santri bisa belajar dengan tenang. Ciptakan lingkungan yang teduh, nyaman. Pemprov Sumbar akan memberikan dukungan, diantaranya untuk akses jalan. Ke depan, bisa diperbaiki dengan betonisasi," tambah gubernur.


Berharap kawasan lori akan menjadi kawasan pendidikan, karena di kawasan sekitar terdapat banyak Ponpes lainnya, diantaranya Ar Risalah.


Pimpinan Ponpes Darul Ulum, Abuya H. Tgk Darmis Muar, mengapresiasi kehadiran gubernur ke Ponpes Darul Ulum yang baru saja pindah ke lokasi baru tersebut sejak awal Februari lalu.


Karena keterbatasan dana, Abuya Darmis mengatakan akan membangun fasilitas Ponpes secara bertahap, sesuai kemampuan.


"Saat ini total santri 328 orang dengan santri baru ada 118 orang. Untuk Rombel kita perlu 15 dan saat ini baru ada 11 yang sebagian diantaranya masih bangunan darurat. Kami bersyukur sekali hari ini Pak Gubernur bisa hadir peletakan batu pertama, semoga akan menambah semangat kami untuk terus berusaha," ungkap Abuya Darmis.


Turut hadir dalam peletakan batu pertama Ponpes Darul Ulum, Ketua MUI Kota Padang, Ketua KAN Koto Tangah, Lurah Lubuk Minturun, Sungai Lareh, Pengurus dan anggota Yayasan Siti Rahmah, warga masyarakat peserta halaqoh mingguan serta santriwan dan santriwati.(MMC)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update