Notification

×

Iklan

Gempa Tadi Malam Robohkan Satu Ruangan Sekolah di Pessel

Sabtu, 25 Juni 2022 | 16:42 WIB Last Updated 2022-06-26T02:18:41Z

Dampak gempa di Pesisir Selatan, Sabtu (25/6/2022) dinihari.
 

Painan, Rakyatterkini.com – Gempa berkekuatan 4,9 skala richter (SR) yang terjadi Sabtu (25/6/2022) sekira pukul 01.56.34 WIB, 60 km Barat Laut Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), ternyata membuat satu ruangan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Al Anhar Bayang, roboh.


"Gempa dengan kekuatan 4,9 SR yang terjadi tadi malam membuat satu ruangan yang digunakan untuk ruang praktik siswa (workshop) roboh. Beruntung kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian yang dialami mencapai Rp100 juta," tutur Kepala SMK Teknologi Al Anhar Bayang, Hajral Aswat kepada Rakyatterkini.com, Sabtu (25/6/2022).


Dikatakannya, bahwa minimnya jumlah ruangan, tidak memungkinkan pihak sekolah melakukan pemindahan ruang workshop pada ruang lainnya. Ini lantaran ruangan yang ada saat ini, hanya cukup untuk ruang belajar siswa saja. Sementara kondisinya pun sudah mengalami keretakan. 


"Kami khawatir bila gempa kembali terjadi, ruangan lainnya akan pula menyusul roboh," ucapnya.


Dijelaskan, keterbatasan keuangan yayasan, sangat tidak memungkinkan perbaikan bisa dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, sekolah yang memiliki siswa sebanyak 90 orang ini, menggratiskan semua biaya. Baik biaya pendaftaran, maupun sumbangan komite atau uang pembangunan. Dari itu, besar harapan ada perhatian dari pemerintah agar ruangan yang roboh ini bisa mendapatkan bantuan perbaikan dari pemerintah.


Dia berharap sekolah yang sebagian besar siswanya berasal dari keluarga tidak mampu itu, tetap bisa menyukseskan wajib belajar (Wajar) 12 tahun di daerah ini.

 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Doni Gusrizal, ketika dihubungi Sabtu (25/6/2022) menjelaskan, gempa yang terjadi pukul 01.56.34 WIB yang berpusat di 1.86 lintang selatan (LS), 100.36 bujur Timur (bt) 60 kilometer barat laut Air Haji dengan kedalaman 24 kilometer, memang cukup kuat dirasakan di daerah itu.


"Gempa dengan kekuatan 4,9 SR itu guncangannya memang terasa cukup kuat. Oleh sebagian masyarakat ada yang keluar rumah karena kuatir akan ada gempa susulan," katanya.


Ditambahkan,  hingga berita ini dikirim belum ada laporan kerusakan yang masuk ke BPBD Pessel, termasuk juga kerusakan yang dialami oleh SMK Teknologi Al Anhar Bayang.


"Petugas sekarang juga sedang melakukan pendataan kerusakan di lapangan. Kita juga menunggu laporan dari masyarakat melalui camat terkait kerusakan akibat gempa, termasuk juga kerusakan yang dialami oleh SMK Teknologi Al Anhar Bayang ini. Namun perlu saya jelaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa gempa ini," ujarnya.


Dia menambahkan, kewaspadaan masyarakat perlu diutamakan dalam menghadapi ancaman gempa. Sebab Pessel memang rawan terhadap bencana gempa yang memiliki potensi tsunami sebagaimana prediksi para ahli.


"Bila terjadi gempa susulan lebih kuat, masyarakat diminta untuk segera menyelamatkan diri dengan cara keluar dari bangunan rumah dan perkantoran agar terhindar dari benda yang menimpa. Bila guncangan semakin kuat, maka segera menjauh dari pinggir laut, serta berusaha mencari tempat ketinggian guna menghindari ancaman tsunami," ingatnya. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update