Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Forkades Kecamatan Cerenti Gelar Rakor Penguatan Tata Kelola Desa

Rabu, 22 Juni 2022 | 13:22 WIB Last Updated 2022-06-22T08:03:38Z

Inilah suasana Forkades Kecamatan Cerenti pada Rakor penguatan tata kelola desa.
 

Kuansing, Rakyatterkini.com - Forum Kepala Desa (Forkades) Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau, gelar rapat koordinasi (Rakor) tentang penguatan tata kelola desa, di Aula Kantor Camat Cerenti, Selasa (21/6/2022).


Acara yang dihadiri Ketua Forkades Kuansing, Camat Cerenti, Kasi Intel Kejari, Kanit Tipikor Polres dan Kasi Keuangan Dinsos PMD itu, juga diikuti seluruh Kades berserta perangkatnya, BPD dan pengurus BUMDes di wilayah kecamatan tersebut.


Ketua Forkades Cerenti, Zulheri mengemukakan, kegiatan rapat koordinasi penguatan tata kelola desa ini, untuk memberikan wawasan bagi perangkat desa dalam memahami segala aturan dan regulasi, terutama sekali terkait pengelolaan dana desa. 


"Juga untuk meminimalisir penyimpangan pengelolaan. Harapanya dengan adanya kegiatan rapat koordinasi ini, kita bisa memahami dan menjalankan tugas pokok dan fungsi, sesuai peraturan perundang-undangan yang ada," tutur Zulheri.


Kanit Tipikor Satreskrim Polres Kuansing, Ipda Iwan Butar Butar dalam kesempatan itu menyampaikan, pemberian edukasi hukum kepada pengelola desa dalam menjalankan roda pemerintahan, merupakan suatu upaya pencegahan pelanggaran aturan hukum. 


Selaku aparat penegak hukum (APH) yang menjadi pemateri pada kegiatan tersebut menyebutkan, pentingnya peningkatan pengetahuan tentang hukum bagi perangkat desa, BPD dan pihak lainnya. Sehingga, bisa memahami dan mengimplementasikan Tupoksi sesuai norma hukum yang berlaku.


"Dengan pengetahuan hukum yang diberikan setidaknya bisa meminimalisir pelanggaran aturan hukum. Semoga ini bisa memberikan wawasan dan kesadaran hukum bagi para perangkat desa, sehingga pengelolaan keuangan desa lebih baik lagi," katanya.


Sementara itu, Kasi Keuangan Dinsos PMD Kuansing, Fakhrurrazy dalam arahannya menuturkan, pemahaman pengelolaan dana desa merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh pengelola pemerintahan desa. Khususnya perangkat desa mulai dari perencanaan hingga pelaporan keuangan sesuai ketentuan yang berlaku.


"Pengelolaan keuangan desa harus berpedoman kepada aturan dan regulasi yang dibuat pemerintah. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan tata kelola desa lebih baik. Dan para Kades serta perangkatnya bisa lebih memahami peraturan dan regulasi agar terhindar dari masalah hukum," ungkapnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update