Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Desa Kubang Tangah Sawahlunto, Nominasi 5 Terbaik Dinilai Tim Verifikasi Sumbar

Rabu, 15 Juni 2022 | 22:44 WIB Last Updated 2022-06-15T15:44:02Z

Wako Deri Asta.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, didatangi dan dinilai Tim Penilai dan Evaluasi Nagari/Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Rabu (15/6/2022).


Kedatangan Tim Provinsi Sumbar ke Desa Kubang Tangah, adalah proses seleksi dan evaluasi tahap II Nagari/Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.


Dari sembilan nominator yang telah dilakukan penilaian secara administrasi pada tahap I, maka tibalah saatnya Tim Provinsi Sumatera Barat, untuk melakukan proses seleksi tahap II terhadap sembilan nominasi Desa/Nagari dan Kelurahan tersebut.


Yaitu Nagari Taratak Sei Lundang Koto XI Tarusan (Pesisir Selatan), Nagari Gadut (Agam), Desa Kubang Tangah (Sawahlunto), Nagari Padang Toboh Ulakan (Padang Pariaman), Nagari Muaro Paiti (Lima Puluh Kota), Kelurahan Nunang Daya Bangun (Payakumbuh), Kelurahan Silaing Atas (Padang Panjang), dan Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia nan XX (Kota Padang).


Walikota Sawahlunto, Deri Asta didampingi OPD terkait menyambut kedatangan Tim Penilai dan Evaluasi Desa/Nagari dan Kelurahan se-Sumatera Barat Tahun 2022 itu, merasa bangga dan senang dengan keberhasilan yang dicapai Pemerintahan Desa Kubang Tangah, pada ajang penilaian nagari, desa dan kelurahan tingkat provinsi tersebut.


“Kami sangat bangga dengan pencapaian yang  diraih Pemerintahan Desa Kubang Tangah ini, dengan penilaian yang objektif dan tentu saja hasil akhir akan kami jadikan evaluasi, bagi Desa/Kelurahan kami, baik kelebihan maupun kekurangannya," ucap Deri Asta.


"Kami tidak mengharapkan yang muluk-muluk," lanjut Deri Asta.


"Kami tidak meminta banyak kepada Tim Penilai, cukup diberikan peringkat dengan angka paling kecil," selorohnya yang disambut tepuk tangan meriah dari undangan yang hadir.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Tim Penilai dan Evaluasi Nagari, Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022, Amasrul, SH., yang juga Kadis PMD Provinsi Sumbar, berusaha melaksanakan penilaian dan pembinaan terhadap seluruh nagari, desa dan kelurahan secara objektif.


“Kami apresiasi sekali terhadap Desa Kubang Tangah ini sebagai salah satu nominasi dan mewakili Kota Sawahlunto maju ke tingkat provinsi, dan masuk dalam 5 besar Nagari, Desa dan Kelurahan Terbaik Provinsi Sumatera Barat dan juga merupakan satu-satunya desa yang lolos dalam 10 besar Tingkat Provinsi Sumbar," ujarnya.


Ia pun berharap, lomba ini tidak hanya sekadar serimonial, tapi adalah merupakan salah satu bentuk evaluasi pemerintah pusat, yakni ingin melihat perkembangan pada nagari/desa dan kelurahan yang telah mendapatkan dana desa.


Sementara itu, Kepala Desa Kubang Tangah, Rice dalam paparannya mengakui sangat merasakan manfaat dana desa dari pemerintah tersebut.


"Dengan adanya dana desa ini, maka desa kami menjadi lebih baik seperti yang dapat dilihat saat sekarang," jelasnya.


Ditambahkannya, Desa Kubang Tangah yang mayoritas penduduknya adalah petani saat ini tengah melakukan usaha bersama melalui kelompok-kelompok, kolaborasi petani dengan BUMN/BUMD yang ada di Kota Sawahlunto dalam mengolah lahan-lahan tidur menjadi lahan pertanian produktif dan telah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Kubang Tangah. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update