Notification

×

Iklan

Bupati Rusma Yul Anwar Hadiri Acara Nagari Basikolah di Kecamatan Sutera

Senin, 27 Juni 2022 | 14:23 WIB Last Updated 2022-09-16T03:33:51Z

Bupati Rusma Yul Anwar ikuti acara di Kecamatan Sutera yang didampingi Camat Salman.
 

Painan, Rakyatterkini.com – Bupati Rusma Yul Anwar hadiri acara di Kantor Aula Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, bertemakan 'Merubah karakter Anak-anak  Melalui Kegiatan Nagari Basikolah', Senin (27/6/2022).   


Camat Sutera, Salman Alfarisi dihadapan bupati menyebutkan, ini menjadi momen pertama di Kecamatan Sutera dan di Kabupaten Pesisir Selatan, menggelar nagari basikolah. Adalah salah satu bentuk kegiatan yang akan dikembangkan di kecamatan ini.


"Insya Allah akan kita kembangkan untuk wilayah kecamatan ini," tutur Camat Salman.


Dikatakan, hal ini diharapkan agar pihak pemerintah nagari mendukung serta melakukan kerjasama, terutama sekali dalam  memberi saran dan pelajaran ke sekolah-sekolah. Tidak saja itu, pinta Camat Salman lagi, walinagari juga kalau perlu mengunjungi ruangan kelas dan lokal yang ada di sekolah tersebut. 


"Selama 1 jam dalam satu satu minggu, dan digilir," paparnya.


Sementara, Anggota DPRD Pessel Asril Datuak Putiah mengemukakan, tujuan dalam hal ini ada dua hal. Pertama, bagi pemerintahan nagari dalam hal ini walinagari berserta perangakat, termasuk Bamus, akan berupaya dijadikan ajang bahan ajarnya untuk anak-anak di sekolah, khususnya mengembangkan dirinya untuk ilmu-ilmu hidup bernagari.


"Tujuan kedua bagi anak-anak didik di sekolah, diharapkan mendapatkan ilmu ilmu tentang bagaimana hidup bernagari yang sesungguhnya. Ilmu saling menghormati sesama, etika dan tatakarama. Yang mana akhir ini kita lihat sudah mulai tergerus," papar wakil rakyat itu.


Ia menambahkan, semoga bertambah pengetahuan anak-anak tersebut. Selain itu, juga bisa mengembalikan etika dan tata krama, moralitas dan sopan santun bertegur sapa. 


Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan, upaya yang direncanakan Camat Sutera berserta anggota DPRD Pessel dan bahu membahu dengan instansi pendidikan tersebut, sungguh sangat luar biasa. Dan mudah-mudahan akan secepat mungkin bisa dilaksanakan.


"Semoga program ini berjalan dan bermanfaat untuk kita semua," papar bupati yang pada acara itu turut dihadiri Polsek Sutera, Walinagari dan perangkatnya, Ketua KAN se Kecamatan Sutera, serta Bamus, kepala sekolah se-kecamatan dan ninik mamak, alim ulama serta cadiak pandai. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update