Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Yayasan Darul Hikmah Pasbar Telorkan 160 Penghafal Alquran

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:11 WIB Last Updated 2022-05-21T07:18:48Z

Bupati Hamsuari memberikan penghargaan kepada wisudawati terbaik dengan hafalan 18 juz. (junir).

Pasbar, Rakyatterkini.com - Yayasan Darul Hikmah, Pasaman Barat mewisuda 160 penghafal  Alquran atau Tahfidzul Alquran dari tingkatan SD, SMP dan SMA Islam Terpadu (IT).


"Dengan wisuda ini, kita harap generasi Pasaman Barat tidak hanya bisa menghafal Alquran, tapi juga bisa menjadikan Alquran sebagai panduan hidup, sehingga hidup selamat dunia dan akhirat," kata Ketua Pembina Yayasan Darul Hikmah, Maznil Munaf saat memberikan sambutan wisuda Tahfidz Alquran di Aula Yappas Ophir Simpang Tiga Pasaman Barat, Sabtu (21/5/2022).


Menurutnya, orang yang bersama Alquran tidak akan pernah salah jalan. Sebab, jika Alquran masuk ke dalam jiwa seseorang, dia juga akan berakhlak Alquran. Karena itu, harus menjaga akhlak dan perilaku sesuai dengan ajaran dalam Alquran.


Dari 160 wisudawan dan wisudawati santri Darul Hikmah tersebut, terdiri dari siswa SD minimal hafidz empat juz, SMP di atas 10 juz dan wisudawan alumni SMA rata-rata 18 juz.


"Kita harap hafalan itu menjadi bekal bagi para santri untuk menuju jenjang perguruan lebih tinggi, dan dalam menatap kehidupan  masa depan yang berbasis Alquran," katanya lagi.


Gubenur Sumbar yang memberikan sambutan secara virtual mengapresiasi Yayasan Darul Hikmah yang telah menelorkan 160 orang penghafal Alquran. Katanya, bagi penghafal Alquran  nanti, orangtuanya akan diberi mahkota di Sorga kelak. 


"Maka berbahagialah orangtua yang telah mendidik anaknya menjadi hafidz. Begitu juga pahala bagi penghafal Alquran," kata Mahyeldi.


Dengan wisuda tahfidz itu, kata gubenur, akan melahirkan generasi-generasi Islami yang cinta Alquran serta mengamalkan Alquran.


Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi yang didaulat memberikan pidato dalam wisuda itu memberikan apresiasi kepada Yayasan Darul Hikmah yang sebenarnya juga telah ikut mendukung visi dan misi Pemkab Pasaman Barat.


"Dalam program Pemda dituangkan RPJMD kita telah membuat program unggulan yakni program 'Magrib Mengaji' dan 'Tahfidz Alquran' bagi siwsa SD dan SMP," kata Hamsuardi.


Menurut bupati dia telah mencanangkan bahwa siswa SD dan SMP harus hafal empat ayat dalam seminggu


"Target kita tahun 2036, nanti sudah 30 persen masyarakat Pasaman Barat  sudah mampu menghafal Alquran, oleh karenanya mari kita sama-sama mendukung program Pemda ini," tukas Hamsuardi. ((junir sikumbang)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update