Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wako Ingatkan PDAM Sawahlunto, Jangan sekadar Catat Keluhan Warga

Minggu, 22 Mei 2022 | 10:01 WIB Last Updated 2022-05-22T07:14:16Z

Walikota Deri Asta, bersama warga Perumahan Mitraland Asri Talimato, Talawi Hilie.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Air bersih adalah kebutuhan vital bagi masyarakat untuk hidup. Tak hanya itu, masyarakat juga rela membayar mahal guna mendapatkan air bersih, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mulai dari untuk minum, makan, cuci, mandi dan lain-lainnya.


Di Kota Sawahlunto, World Heritage Kota Warisan Dunia UNESCO, masyarakatnya beberapa bulan terkhir ini, mengalami krisis air bersih yang cukup parah. Satu-satunya perusahaan penyedia air bersih, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sawahlunto, terkesan kinerjanya tidak maksimal.


Ada beberapa titik pemukiman masyarakat yang air dari PDAM tidak mengalir sama sekali sudah beberapa bulan ini. Malah, ada daerah yang air dari PDAM itu mengalir bergantian, tapi tidak berjalan dengan konsisten.


Masyarakat sepertinya tidak tahu lagi kemana harus mengadukan kondisi yang mereka alami saat ini, mulai dari melapor ke PDAM, Dewan Pengawas PDAM bahkan DPRD Sawahlunto sudah mereka lakukan, hasilnya masih tetap tidak berubah ke arah yang lebih baik. Air dari PDAM tetap mati, kalaupun hidup pada musim hujan, air yang disuplay dalam keadaan keruh.


Merasakan kondisi masyarakat yang kesulitan sekarang mendapatkan pasokan air bersih dari PDAM, Walikota Sawahlunto, Deri Asta menghadiri undangan warga Perumahan Mitraland Asri Talimato, Talawi Hilie Kecamatan Talawi, Sabtu, (21/5/22) di Masjid Muhajirin.


Deri Asta juga membawa Direktur PDAM Sawahlunto, Arifman, Kabag Tekhnik dan Kepala Unit Operasional PDAM Kecamatan Talawi.


"PDAM harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, jangan cuma mencatat keluhan masyarakat, tapi carikan solusinya mengatasi kekurangan pasokan air bersih buat masyarakat." ujar Deri Asta, setelah mendengarkan keluhan masyarakat hadir.


Kalau ada sumber pasokan air lainnya selain pompanisasi, maksimalkan itu, lanjutnya, kalau tidak ada maka sistem pompanisasi ini harus ditambah kapasitasnya.


Dalam hal ini PDAM jangan bicara masalah tekor atau rugi, air bersih ini adalah kebutuhan vital masyarakat yang tidak bisa dimain-mainkan pengadaannya, tegas Deri Asta.


"Soal kerugian PDAM biar kami dari pemerintah dan DPRD memikirkan dan mencarikan solusinya, asal manajemen PDAM bekerja dengan baik dan benar." pungkas Deri Asta. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update