Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wagub Kembangkan Potensi Entrepreneurship di Kalangan Mahasiswa

Selasa, 17 Mei 2022 | 08:28 WIB Last Updated 2022-05-17T01:28:17Z

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy bersama mahasiswa.

Padang, Rakyatterkini.com - Besarnya jumlah lulusan sarjana di Indonesia yang mencapai angka 3 juta orang setiap tahunnya, menjadi perhatian oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy. 


Untuk memberikan motivasi guna mengembangkan potensi generasi milenial yang besar itu, serta mendorong terbukanya peluang-peluang bisnis baru terutama di era 4.0, Wagub Audy hadir selaku keynote speaker dalam acara yang bertema “Membangun Karakter Enterprenurship Generasi Milienal” di Aula pertemuan Hotel Crystal Lotus Yogyakarta, Minggu (15/5/2022).


Pada acara yang dihadiri mahasiswa perantau asal Sumbar di Kota Pelajar itu, Wagub mengatakan diantara lima negara utama ASEAN, Indonesia merupakan negara dengan persentase penduduk wirausaha terkecil.


Jumlah itu hanya 3,47 persen dari total 271 juta penduduk indonesia. sementara di sisi lain kuota kebutuhan pegawai di pemerintahan (PNS) hanya 700.000. 


Menurut Wagub, hal ini tentu menjadi tantangan bagi pemerintah, membuka kesempatan wirausaha yang mampu menyerap tenaga kerja. Mengingat bahkan pada tahun 2021, Indonesia menjadi penyumbang sarjana terbanyak di dunia.


Dengan terbukanya potensi peluang usaha untuk generasi milenial di era 4.0 tersebut, maka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat juga akan meningkat. 


Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Sumbar, Aschari menerangkan pertemuan Wagub dengan para mahasiswa perantau tersebut merupakan bagian dari program kerja pemerintah daerah. "Banyak aset pemerintah daerah yang berada di luar provinsi butuh pengawasan maupun pengembangan fasilitas sarana dan Prasarana," terang Aschari.


Wagub juga menyempatkan untuk meninjau Asrama Mahasiswa Merapi Singgalang, berdiskusi serta mendengarkan aspiriasi penghuni asrama yang berjumlah 27 mahasiswa dan Asrama Putri Bundo Kanduang yang dihuni 25 mahasiswi asal Sumatera Barat sebagai bentuk kepedulian atas kenyamanan dan kemajuan penghuni asrama. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update