Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemkab Pasaman Kembali Raih Predikat WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Minggu, 22 Mei 2022 | 08:59 WIB Last Updated 2022-05-22T01:59:51Z

Bupati Pasaman, Benny Utama.


Pasaman, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman kembali raih predikat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia, atas Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) tahun 2021. 


Saat perihal ini dikonfirmasi lewat sambungan telefon selulernya, Bupati Benny Utama menjelaskan prestasi capaian opini terbaik atas LKPD Tahun 2021, merupakan perwujudan nyata dari semangat pemerintah daerah untuk senantiasa menerapkan tata kelola pemerintahan dan pengelolaan keuangan secara baik.


Ia juga mengatakan telah berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan Pemkab Pasaman. Baik dari sisi penganggaran, pelaksanaan anggaran, maupun pertanggungjawabannya yang disampaikan melalui laporan keuangan pemerintah daerah ke BPK.


Bagi Pemerintah Kabupaten Pasaman, opini WTP merupakan hal yang sangat penting. Selain untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat atas pengelolaan pemerintahan dan keuangan, opini WTP juga menjadi bukti bahwa anggaran daerah telah dikelola secara profesional, prudent, transparan dan akuntabel. 


Predikat ini merupakan raihan kesembilan kalinya oleh Pemkab Pasaman sejak opini WTP pertama kali diraih tahun 2013 lalu, sejak periode pertama jabatan H. Benny Utama sebagai Bupati Pasaman. 


Dijelaskan, opini WTP ini menunjukan konsistensi pengelolaan keuangan, walaupun di tengah upaya pemerintah daerah menghadapi kondisi pandemi Covid-19. 


Capaian positif tersebut menjadi bukti bahwa sepanjang tahun 2021, Pemkab. Pasaman telah berupaya keras untuk memastikan peran APBD tetap optimal. Sebagai instrumen fiskal yang efektif dalam merespon berbagai dampak, terutama dalam penanganan pandemi Covid-19, dengan tetap menjaga tujuan atau target pembangunan daerah bisa tercapai, jelas H. Benny.


Ia berharap capaian ini terus menjadi tradisi bagi Pemkab Pasaman dan jadi pemicu agar selalu bisa mengelola keuangan dengan tanggungjawab, transparan, akuntabel apalagi dalam kondisi pandemi.


"Saya menyampaikan terima kasih pada kawan-kawan ASN di Kabupaten Pasaman yang sudah bekerja cukup baik. Jika tidak salah sejak pertama kali diraih tahun 2013 lalu, Pasaman bisa WTP berturut-turut sebanyak 9 kali, tentu ini menggembirakan," kata H. Benny dalam keterangannya. Jumat (20/5/2022).


Sementara itu, Pejabat fungsional Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasaman, M. Yasrin, ketika dimintai tanggapanya menyebut prestasi opini terbaik atas LKPD Tahun 2021, merupakan perwujudan nyata dari semangat Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk senantiasa menerapkan tata kelola pemerintahan dan pengelolaan keuangan daerah. 


"Muara dari prestasi penatakelolaan keuangan ini diharapkan akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan sosial, dengan pencapaian terbaik sebagaimana tujuan pembangunan yang dituang dalam RPJMD Kabupaten Pasaman tahun 2021-2025". (St.M)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update