Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Gula Tebu Arumi Siap Dipasarkan ke Daerah Tetangga

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:38 WIB Last Updated 2022-05-17T09:38:10Z

Gula tebu arumi diolah secara manual.


Solok Selatan, Rakyatterkini.com - Usaha peningkatan ekonomi keluarga di Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan KPGD, Solok Selatan, adalah olahan gula tebu dengan nama 'Gula Tebu Arumi’ tepatnya terletak di Jorong Sawah Lawe.


Produk gula tebu yang dihasilkan ini merupakan kegiatan usaha rumahan, hulu ke hilir oleh warga, yang diproduksi secara manual dan bantuan alat peras tebu. 


Dengan keterbatasan alat tidak mengendorkan semangat para produsen untuk menjalani proses pembuatan gula tebu tersebut, sebagai upaya peningkatan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Nusa Indah. 


Menurut Jorong Sawah Lawe, Rozi sebagai salah satu produsen gula tebu, dia sudah memulai usaha ini semenjak tahun 2018 lalu. Saat ini hasil produksi gula tebunya perbulan sekitar 50 kg, dan hanya dipasarkan sekitar secara lokal.


Bahan baku tebu diperoleh dari hasil kebun warga setempat, dan mengolahnya secara sederhana, sehingga menghasilkan gula tebu siap jual. 


Sedangkan untuk pemasaran, mereka sudah bekerjasama dengan dinas terkait yaitu Dinas Koperindag Kabupaten Solok Selatan. Mulai dari pengepakan, distribusi, dan lain-lain.


Menurut ketua TP-PKK Kabupaten Solok Selatan, H Erniati Khairunas akan bantu dan kelola usaha rumahan ini, dimulai dari manajemen pengolahan, pengepakan, dan pemasaran produk.


Permintaan pasar yang banyak tetapi tidak dapat diiringi dengan jumlah produksi, ini menjadi salah satu kelemahan yang harus kita atasi. 


Strateginya adalah meningkatkan jumlah bahan mentah melalui perkebunan tebu dan penyiapan para pekerja untuk membantu proses produksi gula tebu. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update